10 Ribuan Anak Ikuti Pawai Tahun Baru Islam Di Kota Martapura

Share it:
Martapura, infoPublik – Masyarakat Kabupaten Banjar menyambut pergantian Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah dengan menggelar pawai, keliling Kota Martapura, pada Minggu (1/9/2019) pagi.
Kegiatan pawai Tahun Baru Islam yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar tidak kurang dari 10.000 peserta dari 140 kafilah TK/TPA yang tergabung dalam Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) se-Kabupaten Banjar dan Al Banjari.
Para peserta pawai menggunakan pakaian dan atribut Islami, serta miniatur ka’bah dan binatang onta, pawai Muharram itu dilepas langsung oleh Asisten Pemerintah dan Kesra, Zainuddin, mewakili Bupati Banjar H Khalilurrahman.
Arak-arakan pawai tahun baru hijriah ini mengambil rute dari RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Jalan Ahmad Yani Martapura, masuk Jalan Sultan Adam, jalan Suka Ramai, dan finis kembali ke RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura.
Bupati H Khalilurrahman dalam sambutan yang dibacakan Asisten Pemerintah dan Kesra, Zainuddin mengatakan bahwa Tahun Baru Hijriah sangat penting diperkenalkan kepada anak-anak kita, agar mereka tahu tentang semangat kebersamaan umat Islam dan mengenal Tahun Baru umat Islam.
“Jangan sampai hanya tahun baru masehi saja yang diperingati dengan meriah. Seharusnya tahun baru hijriah-lah, yang diperingati ummat Islam dengan semarak.”ungkapnya
Tahun baru islam ini menjadi saat yang tepat bagi kita umat islam untuk mengoreksi diri, melakukan perenungan atas apa yang telah dilakukan selama satu tahun yang lalu. Apakah sudah baik, atau masih banyak yang harus dibenahi, baik terkait akhlak, ibadah, pekerjaan.
Kegiatan pawai tahun baru Hijriah dalam rangka menyambut pergantian Tahun Baru Islam ini sangat antusias disambut masyarakat Kabupaten Banjar dan tahun ini diikuti 140 unit TK/TPA dari BKPRMI dan Al-Banjari, sekitar 10.000 peserta.”jelasnya
Sedangkan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar Haris Rifani yang diwakilkan Sekertaris Disbudpar Banjar, Aidi Hikmatullah pawai tahun baru hijriah ini merupakan even tahunan untuk menyemarakan peringatan tahun baru islam yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.
Dia juga menyebut jumlah peserta tahun ini sangat fantastis. “Untuk memeriahkan tahun baru Islam pada 1 Muharram 1441 Hijriah, ada 140 kafilah terlibat. Dengan total peserta mencapai 10.000 orang termasuk pendamping,” katanya.
Sementara keberadaan minatur onta merupakan kreativitas masing-maisng peserta, pihaknya tidak menentukan. Dan tentu menjadi daya tarik tersendiri dengan keberadaan minatur-minatur tersebut.
Untuk rute tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya tahun ini kita mulai start dari RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Jalan Ahmad Yani Martapura, masuk Jalan Sultan Adam, berbelok jalan Suka Ramai, dan finis kembali ke RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura. “Untuk penilaian ada beberapa poin, diantaranaya kreativitas, ada busana, jumlah peserta, formasi, dan kesesuaian dengan moment,”tambahnya.
Kegiatan pawai tahun baru Hijriah dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Farid Soufian, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjar, Ahmadi, Camat Martapura Kota, Ahmad Junaidi, perwakilan Polres Banjar, perwakilan Kemenag Kabupaten Banjar, perwakilan Satpol PP Banjar, Ketua BKPRMI Banjar, serta Tokoh Masyarakat. MC..Banjar/Frs/Ags/Man/YR)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: