Perpustakan Berbasis Inklusi Sosial Cerdaskan Masyarakat

Share it:
Martapura, InfoPublik - Perpustakaan punya peran penting dalam membangun budaya membaca. Untuk mampu menjawab tantangan itu, Dinas Perpustakaan Kearsipan Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Pengelolaan Perpustakaan, di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (23/10/2019).

Bupati Banjar yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Achmad Suprapto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya sosialisi pengelolaan perpustakaan.
Diharapkan para peserta dapat mengembangkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi dan tempat menggali ilmu yang bermanfaat. "Dengan kegiatan ini peserta dapat berinovasi dan mengembangkan perpustakaan agar masyarakat berminat untuk berkunjung keperpustakaan yang ada di desa," ujarnya.

Bupati Banjar juga meminta kepada kepala desa  agar menyedikan aggaran dana desa untuk pengelola perpustakaan desa.

Yasnah Khairina, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar kepada awak media menyampaikan, ada sepuluh perpustakaan desa yang mengikuti sosialisasi ini untuk mengelola perpustakaan berbasis inklusi sosial.

"Harapannya mereka bisa mengembangkan perpustakaan desa dengan mengajak masyarakat berkunjung ke perpustakaan agar peran perpustakaan yang tadinya hanya wadah meminjam buku sekarang menjadi tempat berkegiatan," ujarnya.

Acara ini dihadiri staf Ahli bidang ekonomi dan keuangan Achmad Suprapto, Sekertaris Dinas Perpustakaan Provensi Kal-Sel Ramadan yang juga sebagai narasumber, Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasnah Khairina, dan tamu undangan lainnya.
Penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta dari perpustakaan Tatah Makmur dan Rantau Bakula sebagai tanda dibukanya acara sosialisasi pengelolaan perpustakaan yang akan berlangsung selama dua hari yaitu 23 sampai dengan 24 Oktober 2019. Acara ini diikuti 20 peserta dari perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Banjar. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Tuti/Dsy)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: