Ratusan Penyuluh Mengikuti Seminar Penyuluhan Pertanian

Share it:
Martapura,InfoPublik - Guna meningkatkan pengetahuan dan motivasi bagi penyuluh pertanian untuk bekerja dan berkarya lebih baik lagi, mampu menjadi agen perubahan petani menuju kehidupan yang lebih sejahtera dan ajang silaturrahmi untuk memantapkan dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian, Kamis (10/10/2019) di Aula IAI Darussalam Martapura dilaksanakan Seminar Penyuluhan Pertanian 2019.
Seminar dengan tema Penyuluh pertanian berkarakter mewujudkan SDM Unggul dan Indonesia maju ini diikuti sebanyak 400 peserta terdiri dari penyuluh pertanian di Kabupaten  Banjar 250 orang dan 150 orang penyuluh pertanian dari luar kabupaten banjar .
Acara ini resmi dibuka oleh Sekda Banjar, H.M.Hilman, hadir pula perwakilan Kepala Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan, Para Kepala SKPD, tamu undangan dan peserta seminar.
Muhammad Fachry, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar mengatakan seiring dengan berkembangnya pembangunan pertanian tugas penyuluh tidak hanya sampai pada peningkatan produksi maupun produktifitas saja.
"Tugas penyuluh harus sampai menciptakan nilai tambah bagi petani untuk itu, diperlukan Sumber daya pertanian yang unggul,berkualitas dan berkarakter dalam menggerakkan pertanian,"ujaRnya.
Sementara itu, Sekda Banjar, H. M.Hilman mengatakan, dalam pembangunan pertanian prioritas bukan sekedar memproduksi tetapi menciptakan nilai tambah.
"Pembangunan pertanian membutuhkan SDM unggul yang berkualitas merupakan sumber modal utama bagi daerah untuk menjadikan faktor penggerak pembangunan daerah, semua itu tidak terlepas dari penyuluh pertanianny,"tuturnya.
Ditambahkannya, penyuluh harus bisa beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi, mampu bertransformasi serta eksis dalam perkembangan zaman, mampu memiliki daya saing  dan beinovatif serta mampu memberdayakan petani " harapnya.
Adapun Narasumber seminar adalah Kepala BPPSDMP Kementrian Pertanian Dedi Nursyamsi dan H. Karyono Ibnu Ahmad Dosen FKIP ULM.
Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada penyuluh yang berprestasi dan bantuan motor operasional secara simbolis yang diserahkan oleh Kepala BPPSDMP Kementrian Pertanian serta penyerahan cindera mata yang diserahkan oleh Sekda Banjar H.M.Hilman  kepada Kepala BPPSDMP Kementrian Pertanian Dedi Nursyamsi. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rfh/Dsy/Eyv).
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: