Festival Pesona Pasar Terapung 2019 di Lok Baintan Kabupaten Banjar

Share it:
Martapura,InfoPublik – 558 Jukung pedagang pasar terapung Lok Baintan memeriahkan Festival Pesona Pasar Terapung 2019 yang merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar. Acara festival ini termasuk dalam agenda acara festival Nasional.

Kegiatan festival pesona pasar terapung dibuka langsung oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudathul Wardiyah, yang bertempat di dermaga bawah Jembatan Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Minggu (17/11/2019) pagi.

Pada Festival tersebut menampilkan suasana yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Event dikemas dengan berbagai rangkaian acara yaitu tanglong jukung, jukung hias tradisional, lomba foto dan penampilan seni budaya khas Kabupaten Banjar.

Para pedagang pasar terapung Lok Baintan mulai berjualan pada subuh hari sekitar pukul 05.00 wita. Para Pedagang yang kebanyakan para wanita ini mengayuh jukung mereka berisi dagangan seperti buah-buahan, sayuran, kue-kue tradisional, cenderamata atau makanan khas Banjar.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta Festival Pesona Pasar Terapung, atas partisipasi dan dukungannya sehingga kegiatan ini terlaksana dengan meriah.

“Mari kita sama-sama, bangun potensi wisata daerah kita, sehingga memiliki nilai tambah bagi daerah dan masyarakat serta dapat menjadi salah satu solusi dalam membuka lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutur H Khalilurrahman.

Pasar Terapung Lok Baintan sebagai salah satu tradisi yang terus dijaga kelestariannya, dan meminta agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani mengatakan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan program kerja tahunan Dinas Kebudayaan  dan Pariwisata Kabupaten Banjar dan tercantum dalam DPA Bidang Pemasaran  Pariwisata kabupaten Banjar tahun Anggaran 2019.

Dia juga menjelaskan tujuan kegiatan Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan tahun 2019, adalah untuk melestarikan Pasar Terapung Lok Baintan. Sekaligus sebagai sarana promosi wisata dan mendukung visit Kalimantan Selatan Tahun 2020.

“Kami menginginkan destinasi wisata dan daya tarik yang ada di Kabupaten Banjar untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara. Membentuk Opini Kabupaten Banjar sebagai tempat yang aman, nyaman dan potensial untuk berinvestasi dan Berwisata dan sebagai sarana hiburan masyarakat,” ucapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 558 Jukung yang merupakan pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan dari 8 (delapan) Desa di Sungai Martapura Kecamatan Sungai Tabuk. Dengan kegiatan berupa Lomba Jukung Tanglong, Lomba Jukung Hias, dan Lomba Fotografi.

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM Hilman, Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto, Ketua DPRD Banjar, M Rofiqi Wakapolres Banjar, Kompol Handoyo Yudhy Santoso, Kepala Kantor Kemenag Banjar, H Izzuddin, Para Asisten Bupati Banjar, Para Kepala SOPD lingkup Pemkab Banjar, Para Camat serta tokoh masyarakat. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rzq/Ags/Man)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: