Jakarta,
Infopublik - Layanan Aspirasi Online Rakyat Sistem Pengadaan Pelayanan Publik
Nasional (LAPOR-SP4N!) Kabupaten Banjar yang berhasil masuk sebagai TOP 40
terbaik nasional kembali melanjutkan tahapan penilaian lanjutan menuju TOP 12
terbaik Kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019.
Pada tahapan
ini, Pemerintah Kabupaten Banjar mempresentasikan tentang pengelolaan LAPOR
SP4N yang selama ini menjadi layanan aduan masyarakat di Kabupaten Banjar oleh
Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H. M. Hilman, ST, MT di dampingi Kepala
Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Dr. Ir. Farid Soufian
MS dan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Eddy Elminsyah Jaya bertempat di
Hotel Aryaduta Suites Semanggi, Jakarta, Rabu (27/11/2019) malam.
Tim Penilai
Kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019 dipimpin oleh Mantan Menteri PAN RB, Dr. Ir.
H. Azwar Abu Bakar, General Manager Berita Satu TV, Adi Prasteya, Pengamat
Pelayanan Publik, Ombudsman RI, Dadan Supardjo, Meuthia dari Akademisi dan
Ketua Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Sularsi,
serta Direktur Program dan Produksi iNews, Sulaeman.
Pada presentasi
tersebut H. M. Hilman memaparkan berbagai kegiatan sosialisasi LAPOR! Yang
telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banjar diantaranya Talk Show LAPOR-SP4N
di Banjar Expo dan ke desa-desa yang berada di wilayah Kabupaten Banjar.
“Pemerintah
Kabupaten Banjar melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten
Banjar juga mensosialisasikan LAPOR-SP4N melalui majalah, Radio,
Brosur, stiker, baliho, televisi, media cetak dan media sosial,” jelasnya.
“Bahkan dengan
adanya aplikasi LAPOR sangat membantu Pemerintah Daerah dalam membangun
Kabupaten Banjar, karena masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam pembangunan.
Misalnya ada masyarakat yang mengadukan jalan yang rusak, maka akan
ditindaklanjuti untuk segera diperbaiki, kalau tidak tahun ini maka tahun
depan,” tambahnya.
Sementara itu,
Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, H.M. Farid
Soufian mengatakan Pemerintah Kabupaten Banjar optimis mampu memberikan yang
terbaik untuk Kabupaten Banjar menuju TOP 12 Kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019.
Dia juga
mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banjar untuk tidak takut
melapor, hanya dengan format sms Ketik BANJAR Aduan kirim ke 1708 masyarakat
sudah dapat berpartisipasi terhadap pembangunan Kabupaten Banjar yang lebih
baik lagi.
Kompetisi
SP4N-LAPOR! Sendiri bertujuan untuk mencari instansi pemerintah yang memiliki
tim yang tanggap dalam melayani pengaduan publik melalui platform LAPOR.
Sebelumnya, peserta kompetisi sudah melalui tahapan penilaian mandiri
dan evaluasi dokumen. Setelah mengikuti tahap wawancara, akan dilanjutkan
dengan observasi lapangan yang dilakukan oleh tim evaluasi ke unit pengelola
pengaduan. Setelah serangkaian tahapan tersebut, akan ditentukan 12 pengelola
pengaduan terbaik atau Top 12 Kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019.
(McBanjar/Mey/Hendy)
Post A Comment:
0 comments: