Kabupaten Banjar Terus Berupaya Tingkatkan Produksi Padi

Share it:
Martapura, InfoPublik - Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan terus berupaya untuk meningkatkan hasil produksi padi yang ditanam di sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar.

Upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui pelaksanaan gerakan percepatan tanam padi kegiatan "SERASI" 2019 dan pengukuhan kelompok tani di Desa Cintapuri Kecamatan Cintapuri Darussalam Kabupaten Banjar, Selasa (19/11/2019).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan I Gusti Nyoman Yudiana yang mewakili Bupati Banjar dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan harapan pemerintah Kabupaten Banjar terhadap kegiatan ini.

“Melalui kegiatan "Selamatkan Rawa Sejahterakan  Petani" di Kabupaten Banjar, harapannya dapat memberikan andil dalam mewujudkan Indonesia menuju Lumbung Pangan Dunia 2045, dan secara khusus sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini guna mempertahankan Pemerintah Kabupaten Banjar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Selatan dengan slogan "KINDAI LIMPUAR," jelas dia.

Lebih lanjut menurut dia, Selamatkan  Rawa Sejahterakan Petani merupakan kegiatan yang bersumber dari dana APBN yaitu dari Kementerian Pertanian. Bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi lahan rawa menjadi lahan pertanian produktif melalui perbaikan tata kelola air dan penataan lahan, serta adanya dukungan berupa bantuan sarana produksi berupa benih, dolamit, pupuk dan herbisida, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas padi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan Syamsir Rahman mengimbau kepada para petani untuk  menggunakan dana bantuan program "SERASI" ini sebaik mungkin.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar H. Muhammad  Fachri, mengajak para petani untuk menjaga dan merawat hasil dari kegiatan "SERASI" yang berupa fisik seperti saluran air, tunggul, jembatan dan pintu air agar kegiatan budidaya padi tidak terhambat dan tidak mengalami kendala di kemudian hari.

Adapun kelompok tani yang dikukuhkan pada kesempatan ini adalah kelompok tani kelas pemula 39 kelompok, kelompok tani kelas lanjut 30 kelompok, dan kelompok tani kelas madya 1 kelompok.

Penyerahan secara simbolis sarana dan prasarana produksi serasi oleh  Asisten Perekonomian dan Pembangunan I Gusti Nyoman Yudiana didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar Muhammad Facri. (MC Kominfo Kab. Banjar/Tuti)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: