Rakornas Kominfo Bangkitkan Semangat Penyebaran Informasi

Share it:

Jakarta, InfoPublik - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Prof. Dr. Widodo Muktiyo, SE, M.Com mengajak seluruh Dinas Kominfo di seluruh Indonesia untuk menyebarkan informasi kepada publik secara merata.

Sebagai bentuk komitmen dalam penyebarluasan informasi dan komunikasi publik, acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Urusan Informasi dan Komunikasi Publik Tingkat Kabupaten/Kota diawali dengan Penyerahan PIN Emas oleh Dirjen Widodo yang didampingi Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Selamatta Sembiring kepada perwakilan Diskominfo seluruh Indonesia di mana salah satunya juga diterima oleh Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dr. Eddy Elminsyah Jaya mewakili Diskominfo Kab. Banjar. 

"Dengan pin tersebut diharapkan mampu membangkitkan motivasi, inovasi dan kreasi dalam penyebaran dan pengembangan informasi dan komunikasi," katanya.

"Kita punya tantangan besar tahun depan, terkait dengan memasuki masyarakat informasi. Jangan sampai kominfo berperan setelah segala sesuatu terjadi, sehingga kesannya jadi pemadam kebakaran. Kominfo harus mampu membangun jejaring dengan stakeholders untuk mencermati dan mengkaji langkah-langkah strategis dalam menghadapi isu kekinian," ungkapnya saat membuka acara, di Jakarta, Rabu, (11/12/2019).

Bahkan secara khusus, Dirjen IKP mengharapkan adanya penguatan  fungsi komunikasi serta koordinasi dari pusat hingga kabupaten/kota.

"Saya berharap fungsi komunikasi menguat serta koordinasi dari pusat hingga kabupaten/kota selaras. Dan saya mewajibkan seluruh Dinas Kominfo untuk memiliki akun media sosial agar sebaran informasi ke publik lebih meluas," harapnya.

Melalui Rakornas itu, Dirjen Widodo menekankan koordinasi antarpihak agar mampu menjawab tantangan sektor informasi dan komunikasi ke depan. Mulai dari kebijakan strategis Kementerian Kominfo periode 2020-2024 dalam mendukung 5 fokus pembangunan nasional. "Termasuk meningkatkan efektivitas pengelolaan informasi dan komunikasi publik di era industri 4.0," tambahnya.

Dalam Rakornas juga dibahas sinergitas program kegiatan urusan sub urusan IKP Tahun 2020, aplikasi konten Bagimu Negeri-Bakti Nyata Anak Negeri, serta pelatihan teknis aplikasi konten Bagimu Negeri-Bakti Nyata Anak Negeri.

Mewakili Kepala Dinas kominfo Kabupaten Banjar, Eddy Elminsyah Jaya mengatakan bahwa menjadi sebuah kehormatan bagi Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar mendapatkan apresiasi dan motivasi dari Kementerian Kominfo RI terkait penyebaran dan pengembangan informasi dan komunikasi.

“Kita mendapat kehormatan bahwa apa yang kami lakukan selama ini menjadi perhatian oleh Kementerian Kominfo RI di mana banyak hal yang telah dilaksanakan dalam upaya menyiarkan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Banjar baik melalui upaya internal seperti e-magazine, e-kliping, website, sosial media maupun Radio Suara Banjar dan intan TV  serta menjalin Hubungan baik dengan kawan pers seperti wartawan di daerah, baik itu yang berstatus kontributor media nasional maupun reporter media lokal,” ungkapnya.

“Ini juga sebagai penyemangat bagi kami untuk terus berupaya meningkatakan pemberitaan #IndonesiaBaik”, tutupnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Eddy/Arie/Apri/Rizal/Mey)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: