Bupati Banjar Resmikan Prasarana Air Minum Program PAMSIMAS

Share it:
Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar H Khalilurrahman selain melakukan pembongkaran 122 Jamban Apung bersama warga pada 5 Desa di 5 Kecamatan yang  diawali di Desa Tambak Baru, Kecamatan Martapura Kota, Kamis (5/2/2020).

Ia juga menyerahkan 2 unit kedoteng (Kereta Sedot Lumpur Tangki Septik) dan STS (Septege Transfer Station/Bak Penampung Lumpur Tangki Septik Sementara) kepada 2 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Tambak Baru dan Murung Kenanga.

Penyerahan 2 unit Kedoteng dan STS tersebut sebagai salah satu realisasi program Gerakan Bersama Aksi Sanitasi (GEBRAK’s).

“Dengan dimulainya program GEBRAK’s poin ke-2 diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memudahkan proses penyedotan lumpur yang dihasilkan dari tangki septik kedap yang telah diberikan kepada Masyarakat,” ungkap Bupati Banjar.

Dalam kesempatan itu, Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar tersebut meresmikan prasarana air minum dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

“PAMSIMAS yang akan diresmikan pada desa Tambak Baru Ulu ini berupa, 1 unit Pengolahan Air Bersih, 1 unit Menara Air, pemasangan 608 meter jaringan perpipaan, 1 Rumah Pompa beserta instalasi listrik, 1 unit WC sekolah, dan 1 unit Tempat Cuci Tangan Pakai Sabun,” ucap Guru Khalil.

Beliau berharap dengan bantuan tersebut kepada masyarakat setempat, dapat menikmati dan merawat fasilitas tersebut.

“Semoga upaya kita dapat meningkatkan cakupan layanan air minum dan sanitasi. Sehingga kita dapat mendukung tujuan global yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals), tujuan pembangunan berkelanjutan poin ke-6: ketersediaan air bersih dan sanitasi /dalam hal ini pengelolaan air limbah yang layak, yakni menuntut kesamaan hak antara manusia yang hidup di negara satu dan negara lainnya baik dalam hal mencapai kesejahteraan hidup, memerangi kemiskinan dan diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2030,” ujar Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Ia juga berkesempatan menyaksikan aksi anak SD cuci tangan pakai sabun, meresmikan penggunaan wc komunal, serta melihat fasilitas PAMSIMAS dengan membuka kran air di depan rumah warga setempat, serta melihat langsung proses pembongkaran jamban apung yang dilakukan warga setempat dengan menyusur sungai dengan perahu, bersama perwakilan Forkopimda didampingi Sekda Banjar HM Hilman. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Prs)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: