Martapura, InfoPublik - Kementerian Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui Asisten Deputi Koordinasi
Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II, Jeffrey Erlan
Muller didampingi Kepala Subbidang Penyiapan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan
Pelayanan Publik Wilayah II-2, Pandji Saputra melakukan kunjungan pada Mal
Pelayanan Publik (MPP) Barokah Kabupaten Banjar, Jumat (7/2/2020).
Kedatangan perwakilan Kemenpan RB tersebut
disambut oleh Bupati Banjar, H Khalilurahman diwakilkan oleh Sekretaris Daerah
Kabupaten Banjar, HM Hilman beserta Tim Percepatan MPP Barokah. Dimana pihak
Kemenpan RB meninjau sejumlah bentuk pelayanan dan fasilitas yang ada di MPP
Barokah.
Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan
dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II, Jeffrey Erlan Muller saat
diwawancarai mengatakan MPP merupakan salah satu kegiatan reformasi birokrasi
layanan, yaitu mempercepat layanan, sebagaimana arahan Presiden dimana
memberikan pelayanan kemudahan di bidang investasi.
“Jadi dengan adannya MPP ini, membuka investor
untuk datang, arus modal dan barang di daerah ini, yang dapat meningkatkan kesempatan
peluang kerja, dengan demikian meningkatkan kesejateraan,” ungkapnya.
Melalui ide pembentukanan MPP ini menyatukan semua
layanan baik izin maupun perizinan dalam satu tempat jelas Jeffrey Erlan
Muller.
“Pelayanan MPP tersebut tentu harus terintegrasi
baik pada datanya maupun informasinya kemudain sistemnya, dengan pelayanan satu
tempat semua bisa selesai dengan percepatan,” ucap Jeffrey.
Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan
dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II menjelaskan percepatan tersebut harus
ditunjang kesiapan SDM yang professional dan mengerti dengan tugas dan
fungsinya, kedua yaitu pada jaringan IT yang harus mapan.
“Karena sebagain besar penguna layanan MPP 70
hingga 80 persen kaum millennial, dan lainnya adalah para orang tua, sehingga
ini yang harus di wadahi, pelayanan ini yang kita harus ubah dengan percepatan,
yang menjadi keunggulan koperatif MPP,” tandasnya.
Ia juga menyampaikan hal utama yang harus di
tawarkan pada MPP yaitu kenyamanan, kecepatan, dan keramah-tamahan, karena
dengan pola-pola pelayanan tersebut yang mendorong tingkat kepercayaan
masyarakat kepada Pemerintah.
Menanggapi MPP Barokah Kabupaten Banjar, Jeffrey
Erlan Muller mengatakan secara umum sudah baik untuk awal pelayanan, namun ada
beberapa hal yang perlu pembenahan, karena membuat sesuatu dengan sempurna,
memerlukan proses, seperti terkait proses internal.
“Seperti anggaran, terkait sarana prasarana,
demikian dengan sistem dan sebagainya, ini semua perlu tahapan, tetapi yang
dilakukan MPP Barokah ini sudah baik, karena telah dilakukan simulasinya,”
ucapnya.
Jeffrey Erlan Muller berharap MPP Barokah Banjar
ini, memiliki kekhasan sendiri, dimana yang sudah disampaikan yaitu layanan
yang bersifat syariah.
“Mohon diharapkan layanan yang bersifat syariah
ini, tentunya adalah layanan-layanan yang sifatnya madani, layanan-layanan yang
berbasis islamiah yang baik. Ini yang menjadi keunggulan dari MPP yang
lainnya,” tutupnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar,
HM Hilman mengatakan memenuhi keberadaan MPP yang sudah secara jelas
disampaikan oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi
Pelayanan Publik Wilayah II, Jeffrey Erlan Muller dari Kemenpan RB, yaitu
tujuan akhirnya mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan
barokah.
“Sebagaimana visi Bupati Banjar, makanya
keberadaan MPP ini pada kunjungan Kemenpan RB tadi, memberikan
masukkan-masukkan sehingga kedepan MPP ini, yang mana proses yang kami
laksanakan bisa dilakukan pengembangan-pengembangan, hingga harapan itu
terpenuhi, yaitu kekhasan khusus yang dimilkiki oleh MPP Barokah Kabupaten
Banjar yang berbeda, dengan MPP Kabupaten Kota atau MPP yang ada di Indonesia,”
jelasnya,
Sekda Banjar menambahkan ada banyak arahan yang
sudah disampaikan oleh pihak Kemenpan RB, yang dapat menjadikan Pemerintah
Kabupaten Banjar untuk menyusun rencana jangka pendek, menengah dan panjang terkait dengan penembangan MPP
Barokah.
“Sesuai dengan kemampuan kita, karena semua
melalui proses, melalui monitoring dan evaluasi, juga perbaikan-perbaikan yang
semua akan dilakukan, guna memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan nyaman
kepada masyarakat,” ujar Sekda Banjar. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs)
Post A Comment:
0 comments: