Pemkab Banjar Siapkan Gugus Tugas Cegah Penyebaran Virus Corona

Share it:
Martapura, InfoPublik – Rapat koordinasi mingguan yang dipimpin oleh Bupati Banjar H. Khalilurrahman, bersama Kepala SKPD, Dirut Perusahaan Daerah dan instansi terkait Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar terkait pembentukan gugus tugas dalam pencegahan dan penanganan virus corona di Kabupaten Banjar di Aula Barakat, Senin (16/03).
Bupati Banjar H Khalilurrahman mengeluarkan Surat Edaran kepada Aparatur Sipin Negara Lingkup Pmeerintah Kabupaten Banjar untuk tidak melakukan perjalanan dinas keluar daerah selama tiga minggu kedepan.
Dia menegaskan sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia guna tidak mewabahnya virus ini, untuk kita sementara tidak melakukan perjalanan keluar daerah, selama tiga minggu kedepan.
Dia menghimbau agar kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dibatasi sampai permasalahan virus Corona mereda atau dinyatakan aman oleh Pemerintah,” ungkapnya.
Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat, baik itu untuk diri sendiri maupun kepada lingkungan keluarga dan sekitar sebagai antisipasi penularan wabah tersebut.
“Tidak perlu panik, tetap tenang dan waspada serta hindari berita-berita hoax, dan juga menjaga stamina daya tahan tubuh kita. Dan yang terpenting kita meminta perlindungan agar selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala,” ucapnya.
Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura Dr Noman Taufik Hidayat mengungkapkan penanganan virus Corona perlu ada pembatasan  orang yang akan masuk ke Kabupaten Banjar.
“Perlu ada alat Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 10 hingga 15 buah untuk melakukan pemeriksaan, dan apabila ada kasus pihak RSUD Raza akan langsung merujuk ke Rumah Sakit Ulin,” jelasnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dr H Diaduddin menyampaikan untuk Kabupaten Banjar masih dalam status aman, belum ditemukan baik itu suspect (terduga) ataupun yang terjangkit dengan virus Corona.
“Setelah Rakor Mingguan ini akan digelar rapat mengenai pembentukan gugus tugas dalam percepatan penanganan Virus Corona,” terangnya.
Adapun Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar H.M. Aidil Basith menjelaskan Diskominfo sebagai salah satu protokol dalam gugus tugas akan menghimpun data kondisi terkini wilayah Kabupaten Banjar.
“Sebagaimana arahan Bupati Banjar, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian akan membuatkan aplikasi untuk penanganan virus Corona ini, serta himbauan berupa media cetak dan online agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada,” jelasnya
Dia juga menghimbau bahwa hal hal yang tidak boleh dilakukan pada situasi virus Corona ini, yakni jangan menggunakan kata "genting" dan "krisis". Jangan menginformasikan data pasien dan jangan membuat bercanda masalah virus Corona. (MC Kominfo Kab. Banjar/Dilla/Prs/Hendy/Mey)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: