Kominfo Banjar Bagikan Buku Panduan Covid-19 Berbahasa Banjar Di Pasar Martapura

Share it:

Martapura, InfoPublik – Pemahaman merupakan salah satu faktor yang menurunkan tingkat penyebaran wabah Covid-19 atau virus Corona. Guna memberikan pemahaman mengenai Covid-19 tersebut. Tim Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dari Dinas Komunikasi Informasi Statistik Dan Persadian Kabupaten Banajar bagikan buku panduan covid-19 di kawasan pasar Martapura, Senin (29/6/2020).

Selain membagikan buku panduan Covid-19, Tim KIE juga mendirikan posko informasi Covid-19 di kawasan Pasar Martapura serta melakukan survei dengan meyebarkan kuisioner kepada para pedagang mengenai pengetahun mereka tentang Covid-19.

Buku panduan Covid-19 yang dibagikan oleh Tim KIE tersebut isinya berbahasa Banjar, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Covid-19 dengan Bahasa yang mudah dipahami oleh para pedagang.

Kepala Dinas komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith mengatakan dibuatnya buku panduan Covid-19 dengan bahasa Banjar agar lebih mudah dipahami masyarakat Kabupaten Banjar yang kesehariannya kebanyakan menggunakan Bahasa Banjar.

“Karena tidak semua dapat memahami Bahasa Indonesia, jadi agar lebih gampang dan mudah dipahami, kita gunakan bahasa Banjar, agar masyarakat dapat menerapkan protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Kadis Kominfo tersebut juga menambahkan, selain edukasi tentang Covid-19, dibuku tersebut juga memberikan pemahaman tentang bahayanya hoax dan cara bagaimana masyarakat membedakan informasi yang hoax yang saat ini tengah beredar di masyarakat, terutama tentang pemberitaan covid-19.

Sementara itu, Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Banjar, Eddy Elminsyah Jaya menuturkan, selain membagikan buku panduan Covid-19 pihaknya juga mendirikan posko informasi tentang Covid-19 serta melakukan survei tentang para pedagang mengenai pengetahun para mereka tentang Covid-19.

“Nanti hasil survei ini akan kita publikasikan, kepada masyarakat,” katanya.

Kabid IKP Kominfo Banjar berharap dengan adanya tim KIE ini dapat lebih mensosialisasikan dan memberikan pemahaman lebih masif tentang Covid-19 kepada masyarakat.

Pada penyerahan secara simbolis oleh Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Banjar HM Aidil Basith didampingi Kabid Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Banjar, Eddy Elminsyah Jaya yang diserahkan kepada direktur PD Pasar Bauntung Batuah, Rusdiansyah, Kasat Binmas Polres Banjar Amalia Afifi, Ketua RAPI Perwakilan Wilayah 2 Kalsel, Lurah Murung Keraton, serta Perwakilan Asosiasi Pedagang Pasar Batuah Martapura.

Diketahui sebelumnya Tim KIE juga melakukan penyerahan buku Saku Covid 19 berbahasa Banjar dan posko Informasi Covid-19 di kantor kecamatan Kertak Hanyar. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs/Mey)


Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: