Kadisnakbun Pastikan Hewan Kurban Aman

Share it:

Martapura, InfoPublik - Menjelang hari Raya Kurban Tahun 2020 yang kurang dari dua minggu lagi, Kepala Dinas Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar Dondit Bekti menyampaikan terkait pelaksanaan hewan kurban sudah terdata ada 1040 hewan kurban 46 titik dari Aranio sampai Sungai Pinang.

"Dari seribu hewan kurban 80 persen sudah dilaksanakan pemeriksaan awal, dari jumlah terkumpul ini dapat dipastikan kesehatannya baik, artinya pemeriksaan yang dilakukan dokter hewan kondisi hewan kurban baik," ungkap Kadisnakbun Banjar pada video conference bersama Jurnalis Banjar di Posko GTPP Kabupten Banjar Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Kamis (16/7/2020).

Dondit Bekti mengungkapkan bahwa dari hasil wawancara dengan pengumpul ternak diprediksi ada penurunan, dimana tahun 2019 ada 1090 ekor.

"Tahun ini hasil wawancara kami dan tim dengan beberapa pengumpul diprediksi turun, karena pada saat sisa dua minggu sebelum Hari Raya ini biasanya sudah laku 60 persen, akan tetapi saat ini penjualan tidak sampai 50 persen," jelas Dondit.

Adapun pihaknya memastikan melalui pemeriksaan oleh dokter hewan bahwa persiapan pelaksanan hewan kurban di pastikan aman.

"InsyaAllah, kami bisa pastikan dari segi kuantitas dan kesehatan aman tidak terjadi penyakit-penyakit yang membahayakan," bebernya.

Ia juga mengingatkan agar pelaksana penyembelihan hewan kurban tidak kecolongan pada pemotongan hewan betina produktif.

"Mudah-mudahan untuk tahun ini tidak kecolongan pemotongan hewan kurban betina produktif, karena itu ada aturan hukumnya, bisa kena pidana dan perdata, tapi semua pengumpul ternak termasuk musola dan masjid sudah kita beri himbauan," terangnya. (MC Banjar/Prs)


Share it:

banjarkab

Post A Comment:

1 comments:

  1. Jadi ingat proyek di kab banjar th 2011, pastinya sekarang sdh tambah keren.

    BalasHapus