Relawan Demokrasi KPU Banjar Resmi Bertugas Sosialisasikan Pilkada 2020

Share it:


Martapura, InfoPublik – Relawan Demokrasi yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar resmi diturunkan untuk bertugas di berbagai desa dan kecamatan.

Demikian diungkapkan Komisioner KPU Banjar Abdul Muthalib, saat ditemui di Kantor KPU Banjar, Komplek Pangeran Antasari Martapura, Kalimantan Selatan, Kamis (17/9/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Bang Azis tersebut,  para relawan ditugaskan untuk menyosialisasikan pada 10 basis. Masing-masing pada pemilih pemula, keluarga, disabilitas, berkebutuhan khusus, marjinal, komunitas, keagamaan, warga hingga pemilih muda. 

Azis mengakui tidak mudah untuk melakukan sosialisasi pada semua basis, terutama pada pemilih disabilitas dan berkebutuhan khusus. “Namun mereka (relawan demokrasi) akan melakukan koordinasi pada instruktur bagaimana cara yang tepat untuk menyosialisasikannya, sehingga tidak akan ada kendala yang mereka temui,” ujar dia.     

Ia menambahkan, program Relawan Demokrasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses Pilkada, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi, serta melawan hoaks atau berita bohong.

“Saat ini 25 Relawan Demokrasi tersebut sudah bekerja dengan segala program kerjanya hingga  11 Desember mendatang setelah pilkada serentak usai,” jelas dia. (MC Kab.Banjar/Rony/Man/Mey)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: