Bupati Banjar Resmi Membuka Rangkaian Peringatan HSN 2020

Share it:


Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar H Khalilurrahman resmi membuka rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020 dengan mengusung tema Santri Sehat Indonesia Kuat.

Kegiatan HSN bertempat di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kabupaten Banjar, Kamis (22/10/2020) dihadiri unsur Forkopimda dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banjar, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan, peringatan hari santri tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam kondisi pandemi Covid 19, sehingga dilaksanakan dengan sangat sederhana.

“Namun kesederhanaan ini harus tetap memberi makna dan semangat untuk semua, khususnya para santri agar senantiasa menghargai jasa para pendahulu, yang berjuang mempertahankan kemerdekaan negara tercinta Indonesia,”ucap dia.

Dikatakannya, peringatan Hari Santri ini tidak terlepas dari pendiri ormas Islam terbesar di tanah air Nahdlatul Ulama yaitu KH Hasyim Asy’ari.

Dicetuskannya resolusi jihad 22 Oktober oleh beliau telah membakar semangat patriotisme dan nasionalisme, menggerakkan santri, pemuda dan masyarakat untuk bergerak bersama berjuang melawan pasukan kolonial sampai titik darah penghabisan.

“Puncaknya pada tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan. Berawal dari peran historis itulah pemerintah kemudian menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015,”jelas dia.

Ia berharap melalui Hari Santri Nasional ini memiliki arti dan makna filosofi yang tidak hanya diperingati sebagai seremonial belaka.

Tetapi menjadi momentum untuk refleksi guna berbenah dan terus meningkatkan kualitas santri demi kemajuan dan pembangunan bangsa kita.

Adapun rangkaian kegiatan atau event seni budaya Islam di antaranya lomba Musabaqah Qiraatil Kutub, Da’i dan Da’iyah, penulisan esai dengan tema peran santri di era globalisasi dan video profil pondok.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara daring dan online dari tanggal 23 hingga 24 Oktober 2020, di gedung PCNU Banjar. (MC Kab.Banjar/Agusoke/Man/mey)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: