Dalam Rangka Peringati Hari Ikan Nasional, Dinas Perikanan Banjar Gelar Kegiatan Gemarikan

Share it:


Martapura,InfoPublik – Pemkab Banjar melalui Dinas Perikanan Banjar melaksanakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dalam rangka Hari Ikan Nasional 2020 di Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Pada kegiatan tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Banjar Hj.Raudhatul Wardiyah didampingi Kepala Dinas Perikanan Banjar H Riza Dhauly, Senin (16/11/2020).

Ketua Tim Penggerak PKK Banjar Hj Raudathul Wardiyah mengatakan, melalui Peringatan Hari Ikan Nasional 2020 yang pada tahun ini mengusung tema “Makan Ikan, Tingkatkan Imunitas, Lawan Covid-19, Cegah Stunting”.

Ia berharap kepada masyarakat Kabupaten Banjar agar dapat membiasakan mengkonsumsi ikan, khususnya kepada ibu-ibu agar membiasakan anak-anaknya untuk gemar memakan ikan.

”Semoga kegiatan Gemarikan dapat memberikan pengertian kepada ibu-ibu yang berhadir hari ini, Untuk membiasakan anak- anaknya gemar memakan ikan, agar cerdas pintar dan terhindar dari stunting,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar H. Riza Dhauly mengatakan, kegiatan gemarikan merupakan salah satu gerakan moral yang dilaksanakan oleh Pemkab Banjar melalui Dinas Perikanan sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat, pentingnya memakan ikan, karena bagaimanapun Kabupaten Banjar adalah salah satu lumbung dari perikanan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Ia berharap dengan memakan ikan kebutuhan gizi dari anak-anak dan juga orang dewasa dapat terpenuhi khususnya dari protein, sebagai mana kita ketahui ikan banyak mengandung protein.

"Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini masyarakat menjadi lebih sadar pentingnya mengkonsumsi ikan,”harap dia.

Ia menambahkan untuk mehilangkan paradigma orang-orang dulu bahwa memakan ikan itu cacingan sepenuhnya itu adalah tidak benar.

Karena bagaimanapun ikan sangat diperlukan khususnya pada 1000 hari kehidupan dari kehamilan hingga anak berusia 20 tahun. (MC Kab.Banjar/Agusoke)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: