Babinsa Astambul Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Share it:


Martapura, InfoPublik - Hujan terus menerus di sejumlah daerah Kabupaten Banjar membuat air Sungai Riam Kiwa mulai meluap sejumlah desa yang berdampingan dengan Sungai Riam Kiwa pun mengalami banjir.

Hal tersebut membuat Koramil 1006-04/Astambul menerjunkan anggota Babinsa melakukan evakuasi pemantauan dan imbauan kepada warga akibat musibah dialami penduduk bermukim di Desa Jati Baru, Pingaran dan Astambul Seberang, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (28/12/2020).

"Hampir seluruh rumah penduduk di Desa Jati Baru, mulai Rt. 01,02,03 dan 04 rumah hampir terendam akses Jalan-jalan terendam air antara 10 centimeter hingga 1 meter atau ukuran sepinggang orang dewasa,” ungkap Babinsa 1006-04/Astambul Sersan Dua Toto

Toto menambahkan, Bahwa musibah tersebut sudah dilaporkan ke Danramil juga BPBD Martapura bahwa aktivitas transportasi darat di sepanjang jalan Desa Jati Baru terhenti, baik sepeda motor, mobil tidak bisa melintas kini secara perlahan sudah kembali dapat dilalui dan air pun mulai surut .

“Warga dua hari dari kemarin sempat kami bantu untuk tinggal ketempat sanak keluarganya sementara sambil menunggu air surut,” ucap dia.

Sementara itu, Danramil 1006-04/Astambul Kapten Cba Sutarno menyampaikan dua Kecamatan terdampak meluapnya air sungai riam kiwa Astambul dan Mataraman tidak semua desa terendam sabagian masih beraktifitas.

Ia juga menjelaskan, air secara berlahan sudah mulai surut, sejumlah warga sudah pulang melihat barang-barang perabotan, kasur bahkan menempatkan kedataran tinggi, ada sebagian membersihkan rumah juga ada juga bertahan.

“Hingga saat ini pemerintah melalui dinas BPBD sudah mengetahui meluapnya air sugai yang merendam sebagian rumah warga,” kata dia.

Ketua Rt.03 Ahmad menuturkan saat juga sebagian warga masih ada tinggal di rumah, sebagian lagi masih ada tinggal disanak kerabat.

“Banjir seperti ini sudah sering dialami namun air tidak masuk ke rumah, baru ditahun ini juga kami merasakan, saat ini Babinsa, Bhabinkamtibmas masih bersiaga dibantu warga,” terang dia. (MC Kab.Banjar/Daus/Prs/Man)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: