Menjadi Langganan Banjir Saat Hujan, Saluran Air Kawasan Sekumpul dibersihkan Personil TNI dan Dinas PUPR Banjar

Share it:


Martapura, InfoPublik – Menjadi perhatian khusus bagi anggota TNI Koramil 1006-06/Martapura bersama Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Banjar, kawasan Sekumpul yang sering tergenang banjir saat hujan, dilakukan pembersihan saluran pembuangan air.

Kawasan komplek Sekumpul sudah menjadi langganan banjir saat hujan mengguyur wilayah Martapura, maka dari itu anggota TNI Koramil 1006-06/Martapura bersama Dinas PUPR Banjar bahu membahu membersihkan saluran yang sudah mampet di sepanjang Jalan Sungai Kacang Martapura, Rabu (30/12/2020).

Salah seorang Petugas Dinas PUPR Kabupaten Banjar Marjuki mengatakan, banjir di musim penghujan mengakibatkan satu Minggu ini terus meningkat, di kawasan sekumpul arah menuju perempatan terus digenangi air.

“Melalui Koramil 1006-06/Martapura keluhan warga setempat disampaikan terkait jika hujan banjir bahkan parit tak lagi berfungsi dan laporan diteruskan ke Dinas berwenang,”ucap dia.

Marjuki saat dijumpai membenarkan ada laporan dari warga diteruskan ke Dinas PUPR, hari ini kita tindaklanjuti dikerjakan sepanjang jalan arah menuju kubah sekumpul menjadi perhatian pihaknya dibantu juga TNI.

Dijelaskannya, memang air tak bisa mengalir karena adanya sampah plastik minuman dan juga pasir, saat dilakukan pembersihan disemprot baru dapat mengalir dan juga pasir setinggi lutut dapat diangkat, kami maksimalkan dalam beberapa hari karena hujan terus mengguyur, harus dilakukan pembersihan.

Sementara itu, Danramil 1006-06/Martapura Kapten Inf Fathul Mubin menyampaikan pembersihan saluran Got dilakukan dengan cara Gotong Royong bertujuan untuk mencegah luapan air saat masuk ke parit.

Kegiatan ini sebagai upaya Dinas PUPR dalam rangka pencegahan timbulnya banjir di musim penghujan yang diakibatkan tersumbatnya saluran air (drainase) dari tumpukan sampah dan pasir.

"Personil Babinsa semua kita kerahkan sementara waktu dalam beberapa hari membantu warga dan Dinas PUPR, sebagai Langkah antisipasi mencegah bila banjir ruko warga terendam,” kata dia. (MC Kab.Banjar/Daus/Prs/Man)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: