SOSIALISASI DAN WORKSOP SI ELOK

Share it:
Martapura, Sistem Informasi memiliki peran penting dalam fungsi pemerintahan, karena menilai dari segi fungsinya sistem informasi memberikan efek yang dapat dilihat langsung oleh masyarakat secara terpantau. Sistem informasi juga memberikan informasi yang transparan akan kegiatan pemerintahan. Dilihat dari berbagai kendala yang selama ini ada di masyarakat seperti masyarakat belum mengetahui mengenai kegiatan pembangunan yang ada di daerahnya, masyarakat kesulitan untuk memperoleh informasi mengenai usulan kegiatan pembangunan yang disampaikan pada saat Musyarawah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) sehingga mengakibatkan usulan yang sama/berulang untuk tahun berikutnya, belum tersedianya media informasi yang khusus mengenai kegiatan pembangunan, sering terjadi kesimpangsiuran informasi mengenai kepastian kegiatan yang akan dilaksanakan di daerahnya sehingga berpotensi dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak betanggung jawab. Untuk itulah perlu sebuah sistem informasi yang berbasis aplikasi elektronik guna menyampaikan informasi kemasyarakat secara langsung.
Sebagaimana dalam Peraturan Bupati Banjar Nomor 33 Tahun 2009 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar, salah satu tugas dari Bidang Pendataan, Penelitian, Pengembangan dan Pelaporan adalah menyediakan data dan informasi untuk perencanaan pembangunan daerah. Penyediaan data dan informasi yang dilaksanakan pada saat ini masih dirasakan belum optimal karena belum bisa diakses oleh seluruh elemen masyarakat, padahal kita menghendaki seperti yang termaksud dalam pasal 2, pasal 4, pasal 6 dan pasal 7 Undang-undang Nomor 25 tahun Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dimana aturan pelaksanaannya menerapkan kombinasi pendekatan antara top down (atas bawah) dan bottom up (bawah atas) yang lebih menekankan cara-cara aspiratif dan partisipatif.
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar 13 dan 17 Oktober 2016 melalui Bidang Pendataan, Litbang, dan Pelaporan dalam rangka Diklat Tim III Implementasi Proyek Perubahan yang dilakukan oleh Kepala Bidang Pendataan, Litbang, dan Pelaporan Ir. Hj. Candra Dewi membuat sebuah aplikasi “Sistem Informasi Berbasis Elektronik” atau yang biasa disebut “SI ELOK” sebagai satu upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Yaitu melakukan perubahan/inovasi dalam penyebarluasan informasi kegiatan pembangunan kepada masyarakat sesuai prinsip transparasi, memberi kemudahan kepada masyarakat untuk dapat mengakses informasi yang seluas-luasnya terhadap kegiatan pembangunan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, khususnya kemajuan teknologi di bidang informatika.
Dengan adanya “SI ELOK” berbagai kemudahan yang didapat dalam membantu Program Pemerintahan diantaranya yaitu kemudahan dalam pengambilan keputusan terkait penganggaran juga prioritas kegiatan. Kemudahan dalam monitoring dan evaluasi pencapaian target kinerja. Tersedianya data dan informasi kegiatan pembangunan daerah. Kemudahan bagi SKPD dalam membuat laporan capaian kinerja kegiatan pembangunan. Dan hal yang terpenting  manfaat bagi masyarakat adalah kemudahan masyarakat untuk mencari informasi pembangunan daerah.
Program aplikasi ini disambut baik oleh Pihak SKPD terkait yang berhadir pada acara sosialisasi dan workshop “SI ELOK” karena itu tentunya juga akan memudahkan pihak SKPD dalam memberikan informasi di SKPD nya ke masyarakat.(ADB/PLP)
Source:: BAPPEDA
Share it:

media

Post A Comment:

0 comments: