Banjar Bentuk Tim Penyampai Informasi SOPD

Share it:
Martapura, infoPublik – Keinginan Bupati Banjar H Khalillurahman agar informasi pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Banjar bisa lebih mudah diketahui oleh masyarakat, direspon cepat oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar. Dinas yang dikomandani oleh Farid Soufian ini, pun membentuk Tim Penyampai Informasi, SOPD, Kecamatan dan BUMD.
Setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), kecamatan dan BUMD di Kabupaten Banjar, wajib menyampaikan informasi kerjanya kepada masyarakat. Informasi bisa disampaikan melalui berbagai media seperti koran, televisi, radio, website hingga media sosial yang dikelola oleh Diskominfostandi Kabupaten Banjar.
“Seperti kata Bupati agar setiap informasi pembangunan disampaikan atau diinformasi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat mengetahui bahwa kita bekerja dan membangun,” ujar Farid Soufian, di hadapan sekitar 35 orang Petugas Penyampai Informasi yang berasal dari SOPD, kecamatan dan BUMD se-Kabupaten Banjar, di aula Bapelitbang Banjar, Rabu (3/5).
Dengan adanya Petugas Penyampai Informasi di SOPD, kecamatan dan BUMD ini, diharapkan setiap kegiatan pembangunan bisa segera diekspose. Selain itu,informasi di daerah serta kebutuhan daerah bisa diketahui oleh pemerintah pusat. “Pemerintah pusat banyak memiliki dana pembangunan yang siap disalurkan untuk daerah, namun mereka kurang informasi tentang kebutuhan daerah,” jelasnya.
Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Heru Pitaya menjelaskan, bahwa Petugas Penyampai Informasi SOPD, kecamatan dan BUMD untuk menginformasikan setiap kegiatan pembangunan yang dikerjakan oleh instansinya. Informasi baik rilis berita, foto ataupun video akan diedit oleh tim di Diskominfo Kabupaten Banjar. Informasi yang disampaikan bisa dalam bentuk berita, foto, rekaman video atau laporan suara yang bisa disebarkan melalui radio milik p
emerintah.
“Selain media cetak, kita juga ada Intan TV dan Radio Swara Banjar, jadi teman-teman penyampai informasi silakan memanfaatkan media tersebut untuk memberitahukan pembangunan yang tengah dikerjakan di daerahnya atau oleh instansinya kepada masyarakat,” jelas Heru.
Sambutan para penyampai informasi SOPD, kecamatan dan BUMD terlihat cukup besar dengan dibentuknya Tim Penyampai Informasi ini. Terlebih ketika menyimak penjelasan tentang bagaimana menulis sebuah berita yang disampaikan oleh Kasi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik, M.Hamdani dan Teknik Pengambilan Foto oleh Akhmad Yani, fotografer Protokoler dan Humas Pemkab Banjar.   (MC-Kab.Banjar/dani)
Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: