Martapura, InfoPublik – Terobosan dilakukan oleh Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar untuk memperkenalkan kawasan tersebut kepada masyarakat luar. Upaya yang dilakukan, yakni dengan mencanangkan tanaman jambu sebagai icon kecamatan tersebut.
Pencanangan tanaman jambu dilaksanakan di kecamatan tersebut, dengan nama kegiatan one village one product, pekan lalu. Dengan adanya pencanangan icon kecamatan tersebut, diharapkan masyarakat lebih terpacu untuk mengembangkan tanaman jambu baik di sekitar tempat tinggal maupun di areal perkebunan milik mereka.
Dipilihnya tanaman jambu sebagai icon atau ciri khas Kecamatan Beruntung Baru bukan tanpa alasan, selain karena memang di daerah tersebut banyak terdapat tanaman jambu berbagai jenis, di Kecamatan Beruntung Baru juga terdapat desa yang menggunakan nama jambu yakni Desa Jambu Burung dan Desa Jambu Raya.
“Kita memilih jambu karena tanamanan  ini memang cocok ditanam di daerah Beruntung Baru dan tanaman jambu ini mempunyai cerita tersendiri bagi beberapa desa di Beruntung Baru, makanya terdapat desa yang Bernama Jambu Burung dan Jambu Raya,” jelas Camat  Beruntung Baru Drs. Agus Muslim.
Bersama-sama dengan tokoh masyarakat, muspika Kecamatan Beruntung Baru, BPP Pertanian Beruntung Baru dan perwakilan seluruh desa di Kecamatan Beruntung Baru, Agus berharap akan terus mengembangkan tanaman jambu tersebut di desa-desa di daerahnya.
Dengan adanya Launcing tanamanan jambu sebagai one village one product diharapkan tanaman jambu bisa menjadi andalan Kecamatan Beruntung Baru, selain itu diharapkan juga akan menjadi kawasan wisata. 
“Nantinya kita berharap tanaman jambu ini akan mampu meningkatkan pendapatan warga di Kecamatan Beruntung Baru,” katanya. (MC-Kab.Banjar/ariyanti/dani/toeb)