Martapura, infoPublik – Upaya Pemerintah Kabupaten Banjar dalam mengenalkan cinta akan lingkungan hidup kepada masyarakat terus dilakukan. Salah satu kegiatan yang digaungkan oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman adalah Gerakan Menanam Hari Kamis untuk Penghiajauan atau yang sering disingkat menjadi Gamis Hijau.
Jika biasanya Gamis Hijau dilaksankan di instansi-instansi pemerintah, maka kali ini aksi menanam pohon tersebut sudah pula ditularkan kepada masyarakat di Kabupaten Banjar.
Seperti yang pekan lalu dilaksanakan di kawasan Kampung Baru Kelurahan Sungai Pering, Kecamatan Martapura, masyarakat bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Forum Komunitas Hijau serta aparatur kecamatan dan kelurahan setempat, melakukan penanaman pohon di sejumlah titik.
“Kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan dengan menanam pohon, sudah cukup bagus. Kita berharap, ini akan menular ke kecamatan lain,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Nasrunsyah, yang ikut membaur dengan warga Kampung Baru dalam Gamis Hijau tersebut.
Mewakili Bupati Banjar H Khalilurrahman, Sekda juga menyerahkan sejumlah bibit tanaman kepada warga dan aparatur pemerintahan desa di Kecamatan Sungai Paring, untuk ditanam di kawasan lainnnya. Selain itu juga diserahkan bantuan angkutan sampah roda tiga dan beberapa kaleng cat untuk menjaga keindahan.
Selain aksi menanam pohon, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya penghijauan kepada masyarakat setempat. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boyke Triestiyanto berharap nantinya bisa membentuk kesadaran di masyarakat akan budaya hidup bersih.
“Bagaimana kita bisa mengajak warga untuk mengubah pola acuh terhadap lingkungan menjadi peduli terhadap lingkungan,” ujarnya.
Terwujudnya kampung hijau diharapkan akan menciptakan lingkungan tempat tinggal yang asri, nyaman untuk warga, bersih dan indah. Lingkungan yang bersih dan asri juga akan sinergi dengan upaya Pemerintah Kabupaten Banjar dalam mempertahankan Penghargaan Adipura yang langganan diterima oleh daerah tersebut. (MC-Kab.Banjar/yudha/dani/toeb)