Desa Tiwingan Jadi Unggulan Wisata Kabupaten Banjar

Share it:
Martapura, infoPublik – Keindahan panorama alam di wilayah Desa Tiwingan Lama dan Tiwingan Baru Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar sudah banyak yang mengakuinya. Tak heran jika Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar, menjadikan kedua desa tersebut sebagai salah satu desa unggulan wisata.
Guna mewujudkan keinginan tersebut, Disbudpar  Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Sadar Wisata kepaada masyarakat di kedua desa tersebut. “Desa Tiwingan Baru dan Desa Tiwingan Lama dengan panorama pegunungan dan pulau-pulau yang menakjubkan tersebar di Danau Riam Kanan, akan kita prioritaskan menjadi desa wisata,” ujar Kepala Bidang Destinasi dan Pengembalian Obyek Wisata Disbudpar, Faizal Riza Kasransyah, SE saat acara sosialisasi di Desa Tiwingan Baru, Kecamtan Aranio, kemarin.
Menurut Faizal, untuk mewujudkannya diperlukan kesiapan semua lapisan masyarakat, pemerintah dan stakeholder terkait lainnya. Masyarakat setempat harus selalu menanamkan sapta pesona yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan keamanan dalam melayani wisatawan, guna mendukung tumbuhnya iklim kepariwisataan. “Melalui kegiatan sosialisasi ini kita  sekaligus menyerap aspirasi masyarakat untuk mengembangkan desa wisata ini,” sebutnya.
Sadar Wisata sendiri didefinisikan sebagai gambaran kesadaran yang mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di suatu tempat/wilayah.
Narasumber Kegiatan Sosialisasi ini perwakilan dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan juga Kabid Destinasi dan Pengembangan Obyek Wisata. Kegiatan ini diikuti 40 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat dan Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).
Selain sosialisasi, juga dilakukan aksi bersih - bersih di sekitar obyek wisata Pulau Pinus yang menjadi tempat kegiatan ilaksanakan. (MC-Kab.Banjar/nuary/dani/eyv)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: