Martapura, infoPublik-Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perhubungan Banjar tengah mempersiapkan angkutan pelajar di Kota Martapura. Untuk tahap awal, Dishub akan melaksanakan program angkutan pelajar ini di SMPN 4 Martapura.
Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Dishub Banjar, Yusi Nihe mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pengumpulan data siswa di SMPN 4 Martapura.
Sekolah itu, beber Yusi, akan menjadi pilot project atau percontohan untuk program angkutan pelajar yang tengah mereka persiapkan.  “Untuk saat ini kamimasih mengumpulkan data siswa, diperkirakan dua atau tiga bulan kedepan, program ini sudah bisa dilaksanakan,” ujarnya.  
SMPN 4 dijadikan salah satu program percontohan angkutan pelajar karena selain siswanya banyak, di sekolah berstatus adiwiyata mandiri itu memiliki program eco transportation dimana siswa tidak boleh membawa sepeda motor sendiri ke sekolah.
"Program yang akan kita laksanakan ini sejalan dengan program di sekolah itu. Itu sebabnya, kenapa sekolah itu kita jadikan pilot project untuk program angkutan pelajar yang mereka rencanakan," katanya.
Dijelaskan, bahwa untuk angkutan pelajar ini pihaknya memberdayakan armada angkutan umum yang telah ada, sehingga tidak akan mematikan angkutan umumyang ada.
“Setiap pelajar yang telah didata akan dijemput dan di antar ke sekolah. Ini kami yakini akan mengurangi pelanggaran lalu lintas oleh pelajar.” (MC-Kab.Banjar/bphar/dani/eyv)