Pemkab Jaring Minat Desa Bangun Pamsimas

Share it:
Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar kembali melanjutkan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Program Pamsimas III yang dilaksanakan pada 2016-2019, merupakan kelanjutan dari Program Pamsimas I dan II (tahun 2008-2015, red) yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan  air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan, terutama di perdesaan yang tidak terjangkau layanan PDAM.
Program Pamsimas III dilaksanakan untuk menunjang pengembangan permukiman yang berkelanjutan di 15.000 desa serta mengelola keberlanjutan pelayanan air minum dan sanitasi di lebih dari 27.000 desa sasaran Pamsimas.
Hal ini mengemuka dalam kegiatan sosialisasi penjaringan minat program Hibah Khusus Pamsimas (HKP) yang yang dilaksankan oleh Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kabupaten Banjar dan dibuka oleh Staf Ahli Bupati Banjar Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H Masruri, di Aula Bapelitbang Kabupaten Banjar di Martapura, kemarin.
Pada acara tersebut melibatkan beberapa instansi terkait, PDAM, tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan PAKEM, fasilitator Pamsimas Kabupaten Banjar dan Fasilitator Pamsimas Provinsi Kalsel serta sejumlah desa peminat air bersih.
Dalam sambutannya, H Masruri menyampaikan apresiasinya akan kegiatan pamsimas di Kabupaten Banjar.
Menurutnya, Pemkab Banjar  memiliki komitmen yang kuat dalam perluasan pelaksanaaan program  tersebut.
“Sebagaimana program pamsimas I dan II kita sudah melaksanakannya, di beberapa desa, sehingga masyarakat sudah merasakan dampak positif untuk akses air bersih yang selama ini menjadi permasalah bagi warga perdesaan yang jauh dari jangkauan air PDAM,” jelasnya.
Pelaksanaan Program Pamsimas Tahun 2008 hingga2015, terang Masruri, telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran kota yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pemberdayaan masyarakat.
Pendekatan pemberdayaan masyarakat telah mampu meningkatkan partisipasi  masyarakat, sebagai   mitra strategis Pemerintah Daerah dan Pemerintah dalam menyediakan dan meningkatkan kualitas pelayanan air minum dan sanitasi.
Sosialisasi kemarin bertujuan untuk  menginformasikan program Pamsimas dan program air minum dan sanitasi lainnya yang dilaksanakan di Kabupaten Banjar.  Selain itu,  juga untuk  menjaring peminat terhadap kebutuhan bantuan program air minum dan sanitasi, dengan jumlah  target pemanfaat untuk desa baru, desa peningkatan dan desa perluasan.
Diharapkan, dalam pelaksanaan sosialisasi mendapatkan dukungan dari pemerintah kecamatan untuk pendampingan pengajuan usulan atau minat dari pemerintah desa dan masyarakat untuk mendapatkan bantuan program air minum dan sanitasi, serta mendapatkan pendampingan mengenai penyusunan proposal nantinya. (MC-Kab.Banjar/dhanie/dani/Kus)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: