Banjar Tampilkan Madihin Di Festival Budaya Borneo 2017

Share it:
Martapura, infoPublik – Sebagai salah satu daerah yang berada di wilayah Pulau Kalimantan atau Borneo, Kabupaten Banjar juga turut ambil bagian memeriahkan Festival Budaya Borneo 2017, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.
Pada festival yang juga diikuti oleh peserta luar negeri yakni Malaysia, Singapura dan Brunei dan digelar selama tiga hari sejak 28 – 30 Juli lalu, Kabupaten Banjar menampilkan kesenian daerah berupa Madihin.  
Menurut Kepala Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kabupaten Banjar, Haris Rifani, penampilan grup madihin yang merupakan binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar cukup menyita perhatian pengunjung. Diberi waktu tampil dua hari berturut-turut yakni 28- 29 Juli, antusias pengunjung sangat besar.
“Kami mengikuti festival ini untuk semakin mengenalkan seni dan budaya Kabupaten Banjar kepada masyarakat luas karena acara ini juga diikuti oleh beberapa daerah lain dan bahkan beberapa negara tetangga,” jelas Haris, beberapa hari lalu.
Selain itu juga untuk menjalin kerjasama sektor kebudayaan dan pariwisata antara Pemerintah Kabupaten Banjar dengan komunitas seni dan budaya di seluruh Kalimantan, pemerintah daerah di Kalimantan, pemerintah pusat serta masyarakat luas.
Festival Budaya Borneo 2017 menjadi sarana promosi dan publikasi seni dan budaya masyarakat Dayak dan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
“Ini adalah representasi kekayaan kearifan lokal masyarakat Dayak, baik dalam bentuk seni budaya Dayak maupun kultur pembaruan yang dijiwai semangat Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini merupakan sarana promosi dan publikasi seni dan budaya masyarakat Dayak," kata ketua Majelis Adat Dayak Nasional Cornelis dalam acara tersebut.
Festival ini menampilkan pameran produk unggulan Kalimantan, pagelaran kesenian Dayak,  pawai budaya dan kesenian Kalimantan Art Carnaval 2017 dan Kalimantan Investment Forum. Selain itu, juga ada ajang penghargaan Kalimantan Innovation Award 2017, Kalimantan Night and Fun 2017 beserta lomba fotografi serta film pendek. (MC-Kab.Banjar/nuary/dani/eyv)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: