Pengaron Potensi Destinasi Wisata Baru

Share it:
Martapura, InfoPublik - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Sadar Wisata Kepada Masyarakat T
ahun 2017. Mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisaya, Haris Rifani, Kabid Bidang Destinasi dan Pengembalian Obyek Wisata, Faizal Riza Kasransyah, SE membuka sosialisasi bertempat di Obyek Wisata Oranje Nassau, Desa Pengaron, Kecamtan Pengaron Kabupaten Banjar, Selasa (5/9).
Faizal menyatakan, Desa Pengaron adalah salah satu desa unggulan yang akan diprioritaskan menjadi desa wisata di Kabupaten Banjar. Hal ini karena di Desa Pengaron terdapat obyek wisata budaya yaitu Benteng Oranje Nassau.
Selain itu, ujarnya, di Desa Pengaron juga terdapat wisata alam yang menakjubkan yakni Bukit Pagaran. “Untuk mewujudkan diperlukan kesiapan semua lapisan masyarakat, pemerintah dan stakeholder terkait lainnya” jelas Faizal.
Faizal juga mengatakan masyarakat harus selalu menanamkan sapta pesona yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan keamanan dalam melayani wisatawan, sehingga menjadi pendukung tumbuhnya iklim kepariwisataan dan menjiwai nilai kearifan budaya lokal. “Untuk menciptakan kenyamanan, keamanan dan kebersihan ini diperlukan kesadaran diri sendiri,” imbuhnya.
Selain itu, dari fungsi yang dimiliki yakni pengawasan, penganggaran dan legislasi ini diharapkan dapat mengetahui secara teknis bagaimana pelaksanaan program dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, dalam menginformasikan program-program kepada masyarakat. “Melalui kegiatan ini juga sekaligus menyerap aspirasi masyarakat untuk mengembangkan desa wisata ini,” sebutnya.
Sadar wisata sendiri sebagai sebuah kesadaran yang mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat, dalam mewujudkan iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di suatu tempat/wilayah.
Narasumber pada sosialisasi yakni dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Polres Banjar serta Kabid Destinasi dan Pengembangan Obyek Wisata Kabupaten Banjar. Kegiatan ini diikuti 40 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat dan Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).
Kegiatan ini di akhiri dengan aksi bersih - bersih di sekitar obyek wisata Benteng Oranje Nassau yang menjadi tempat kegiatan ini dilaksanakan, sehingga semua elemen masyarakat dapat merasakan langsung untuk bersama menjaga obyek wisata yang ada di daerahnya dan membiasakan diri untuk peduli pada kebersihan lingkungan sekitar. (MC-Kab-Banjar/nuary/dani/eyv)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: