Tampilkan Panganan Langka Di Festival Pasar Terapung

Share it:
Martapura, infoPublik - Kabupaten Banjar ikut serta memeriahkan Festival Budaya Pasar Terapung 2017 dalam rangka Hari Jadi ke- 67 Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan dari tanggal 25 - 30 Agustus 2017 di Tugu Nol Kilometer Siring Banjarmasin.
Pada gelaran tersebut, Kabupaten Banjar menampilkan Kampung Banjar lengkap dengan berbagai panganan serta kue-kue khas daerah yang sudah langka dan jarang dijumpai di masyarakat.
Di antara panganan yang ditampilkan yakni, ketupat batumis, ketupat mie, serta gangan gadang pisang atau sayur yang bahannya merupakan jantung pohon pisang. Selain itu, juga ditampilkan kue khas banjar yakni berbagai macam bingka, mulai bingka kentang, bingka telur, bingka tapai dan lainnya.
Selama lima hari penyelenggaraan festival yang kesembilan kalinya ini dipentaskan berbagai kegiatan seni dan budaya daerah Kalimantan Selatan, di antaranya parade dan jukung hias di Sungai Martapura.
Kabupaten Banjar sendiri memiliki destinasi wisata air yang cukup terkenal yakni Pasar Terapung Lok Baintan yang berada di Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Pasar terapung ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar, dan biasanya berlangsung pada subuh hingga pagi hari ini.
Di atas sungai yang menjadi urat nadi kehidupan masyarakat di daerah tersebut, berbagai jenis hasil kebun dan panganan dijual di atas perahu atau yang disebut dengan jukung.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Haris Rifani, baru-baru ini, mengatakan, Kabupaten Banjar mengikuti sejumlah kegiatan pada festival yang banyak dikunjungi wisatawan tersebut, yakni  Stand Kampung Banjar, kuliner khas Banjar serta Pawai Budaya. “Untuk kampung Banjar kita memperoleh juara harapan II,” ujarnya,kemarin (MC-Kab-Banjar/nuary/dani/eyv)
Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: