Martapura, InfoPublik – Kontingen Kabupaten Banjar finish di posisi kelima dari 13 kabupaten dan kota yang turut ambil bagian pada Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) Kalimantan Selatan X setelah beberapa hari sebelumnya, masih tercecer di posisi kesembilan.
Hingga penutupan Poprov Minggu (15/10), Kontingen Kabupaten Banjar yang dikomandani oleh Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, berhasil menyabet 141 medali yang terdiri dari 31 medali emas, 52 perak dan 58 medali perunggu.
Hasil ini meningkat dibanding perhelatan empat tahun sebelumnya dimana Kabupaten Banjar bertindak selaku tuan rumah. Pada Porprov IX di Martapura, kontingen Kabupaten Banjar hanya mampu finish di posisi keenam.
Porprov X di Kota Tanjung Kabupaten Tabalong diikuti oleh 13 kontingen kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Sebanyak 6.664 atlet berlaga pada 35 cabang olah raga. Kabupaten Banjar sendiri menurunkan 420 atlet pada 29 cabang olah raga yang diikuti.
Ketua KONI Kabupaten Banjar Viktor N Siregar mengucapakan terima kasih kepada seluruh atlit kontingen Kabupaten Banjar, yang sudah berjuang mengharumkan nama Kabupaten Banjar.  Selain itu juga dukungan penuh dari Bupati Banjar dan jajarannya, sehingga para atlit bisa berprestasi.
“Ini sudah sesuai dengan target kita, karena pada Porprov IX di Kabupaten Banjar kita sebagai tuan rumah hanya mendapatkan 28 medali emas, 29 perak dan 62 perunggu. Saat itu kita di urutan keenam dari 13 kabupaten,” ujarnya.
Menurutnya, hasil ini menunjukkan bahwa atlit Kabupaten Banjar bisa bersaing dengan kabupaten lainnya.
Acara penutupan Poprov X Kalimantan Selatan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, ketua TP PKK Provinsi Hj Raudathul Jannah Sahbirin Noor, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, juga tampak hadir Asisten II Kabupaten Banjar Gusti Nyoman Yudiana diacara penutupan serta pejabat lainnya.  (MC-Kab.Banjar/yani/dani/elvira).