DTPH Banjar Kenalkan Tanaman Pada Anak PAUD

Share it:
Martapura, infoPublik – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Kabupaten Banjar, mengenalkan gemar menanam kepada anak usia dini. Seperti pada Jumat (13/10) lalu, bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, DTPH juga mengenalkan tanaman kepada anak-anak PAUD Aisyah Tungkaran.
Puluhan anak dari PAUD Aisyah Tungkaran, tampak gembira ketika diajak untuk bermain sambil berkebun di kebun Balai Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura, di Tungkaran Kecamatan Martapura.Meraka dikenalkan dengan berbagai jenis buah, warna buah, bentuk buah, dan rasa buah.
Selain itu juga dikenalkan tentang bagian-bagian tanaman dari akar, batang, daun, bunga, dan buah. Pengenalan buah dan tanaman tersebut menarik bagi anak-anak, karena dikemas dalam bentuk gerak dan lagu.
Bahkan anak-anak usia dini tersebut juga  diberi kesempatan belajar menanam cabai dalam gelas. Dimulai dari mengisi gelas plastic dengan media tanam, lalu memberi pupuk kendang hingga menanam bibit dan menyiram. Selain itu mereka juga dikenalkan dengan sejumlah mesin atau alat pertanian seperti tractor.
Menurut Kepala Dinas TPH Kab. Banjar Ir. Muhammad Fachry, MP pihaknya giat berupaya mensukseskan program pemerintah Gerakan Menanam Cabe (GERTAMCABE) yang dimaksdukan untuk menanggulangi mahalnya harga cabe di pasaran.
“Pengenalan dan edukasi pertanian harus diterapkan sejak dini pada anak-anak, sehingga memunculkan kecintaan terhadap pertanian,”ujarnya. 
Sedangkan Kasubag TU BBTPH Kabupaten Banjar Gt. Rahmat menambahkan, anak-anak adalah tunas bangsa sebagai penerus pembangunan perlu diarahkan agar mencintai lingkungannya. Kegiatan tersebut sangat diapresiasi para guru PAUD Aisyiah, karena dinilai akan banyak memberikan pengetahuan baru bagi anak didiknya. Diharapkan, para siswa akan bisa menerapkannya baik di sekolah maupun di rumah. (MC-Kab.Banjar/Nove/dani)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: