Martapura, InfoPublik - Sejumlah anggota Komisi B DPRD Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah, tertarik untuk mempelajari tentang tanaman jeruk Banjar. Ketertarikan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Temanggung Tunggul Purnomo, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banjar, Rabu (18/10).
Diterima di Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Banjar, Tunggul Purnomo mengatakan, kunjungannya ke Kabupaten Banjar adalah untuk melihat hasil pertanian dan perkebunan Kabupaten Banjar yang melimpah dan merupakan lumbung padi  Provinsi Kalimantan Selatan.
Tunggul Purnomo meyakini apa yang didapat dalam kunjungan kerjanya kali ini dapat bermanfaat bagi masyarakatnya, karena secara geografis Kabupatem Banjar memiliki kesamaan struktur tanah dan cuaca,
Tunggul Purnomo mengakui masyarakat Kabupaten Tumenggung sangat menyukai limau (jeruk) Banjar yang dikenal sangat manis dan memiliki kandungan air yang cukup tinggi.
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura M Fahry, yang menyambut rombongan DPRD Kabupaten Tumenggung, mengucapkan terima kasih karena dipilih sebagai tempat kunjungan kerja.
“Jeruk Sungai Madang Kabupaten Banjar memang sangat dikenal di mana-mana, karena pernah mendapatkan juara I kontes jeruk tingkat nasional di Jakarta. Walau penampilan tidak semenarik jeruk dari daerah lain, namun rasanya sangat manis,” ujarnya.
M Fahry menjelaskan sejumlah langkah yang dilakukan pihaknya dalam upaya meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan di Kabupaten Banjar. Dia juga menjelaskan komoditas pertanian dan perberkebun petani Kabupaten Banjar seperti padi, jagung, kacang kedelai, pisang , jeruk , kasturi, durian dan mangga. (MC-Kab.Banjar/ronie/dani/toeb)