Warga Dilatih Beternak Itik

Share it:
Martapura, infoPublik – Permintaan akan daging itik oleh masyarakat di Kalimantan Selatan termasuk di Kabupaten Banjar cukup besar. Sayangnya belum mampu ditopang oleh  produksi daging dari para peternak.
Potensi inilah yang coba ditangkap oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar. Bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar, melaksanakan pelatihan wirausaha baru, budidaya pembesaran itik pedaging, pekan lalu di Desa Tungkaran  Kecamatan Martapura.
Melalui program Tenaga Kerja Mandiri (TKM), Penempatan dan Pemberdayaan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (PPTK–PKK), diharapkan berhasil memunculkan para peternak itik yang sukses, di Kelompok Merintis Bersama yang menjadi peserta pelatihan.
Sebagai narasumber dari Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar yaitu Kabid Sumberdaya dan Penyuluhan Ir H Edie Roosnandi Noor serta  Penyuluh Pertanian Bidang Peternakan Agus Triyanto, S.Pt.
Para peserta mendapatkan informasi potensi serta masa depan wirausaha ternak itik, berdasarkan hasil penelitian lapangan dan penelitian laboratorium. Juga informasi mengenai berbagai inovasi teknologi yang membantu mengoptimalkan keuntungan dari usaha ternak itik.
Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan penyampaian teori tentang tat acara budidaya pembesaran itik pedaging, cara breeding, pakan, tata laksana pemeliharaan serta management dan pemasarannya. Sedangkan pada hari kedua, dilakukan praktek pembuatan formula ransum pakan itik dalam bentuk pellet.
Hadir dalam kegiatan pelatihan pejabat Kementerian Ketenagakerjaan RI Jakarta yang langsung memantau di lapangan.
“Harapannya nanti sesudah diberikan pelatihan peserta bisa menerapkannya di lapangan dan menjadi wirausahaan baru dalam rangka menciptakan lapangan kerja mandiri. (MC-Kab.Banjar/anshari/dani)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: