Martapura, infoPublik – Guna penguatan  kelembagaan gender di daerah, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar, menggelar workshop tentang potensi organisasi yang berperan dalam bidang perempuan.
Workshop tersebut dilaksanakan pada Rabu (8/11) di Wisma Yulia BKD, Martapura dan dibuka oleh Sekretaris daerah Kabupaten Banjar, H Nasrunsyah. 
Sedangkan peserta sekitar 400 orang yang terdiri atas berbagai organisasi dan kelompok perempuan yang ada di Kabupaten Banjar, antara lain PKK Kabupaten Banjar dan PKK Kecamatan, Gabungan Organisasi Wanita, Dharmawanita Persatuan, Bhayangkari Kabupaten Banjar, Persit Kodim 1006 dan Organisasi Kemasyarakatan yang berkiprah di bidang perempuan lainnya.
Sekretaris Daerah Ir H. Nasrunsyah MP yang mewakili Bupati Banjar H Khalilurrahman membuka kegiatan workshop mengatakan, pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan tersebut. ” Saya berharap dengan keterlibatan perempuan dalam pembangunan, khususnya di Kabupaten Banjar menuju Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah akan terwujud,” ujar beliau.
Sedangkan Ketua TIM Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah menjelaskan tentang 10 program pokok PKK seperti pada bidang kesehatan, pendidikan, keterampilan, pola asuh, PKDRT dan lainnya, selalu dilaksanakan kaum perempuan.
“Di era modern sekarang peran perempuan dalam berbagai sektor pembangunan telah terbuka lebar, tinggal bagaimana kita perempuan untuk mengambil keputusan peran apa yang kita ambil. Misalnya sebagai guru, pekerja sosial, PNS, anggota dewan, pengusaha, ibu rumah tangga sebagai pendamping suami,” jelas istri Bupati Banjar ini.
Sementara Kepala Dinas P2KBP3A Ir. Hj. Rosana Mardina MS menuturkan, tujuan workshop yaitu, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan perempuan dalam pengambilan keputusan, dan menumbuhkan prilaku kepemimpinan yang berorientasi pada  kesetaraan dan keadilan gender.
“Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran akan potensi perempuan dalam berorganisasi dan dapat meningkatkan partisipasi sebagai tokoh penggerak dalam memperjuangkan aspirasi,” ucap beliau, didampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan DP2KBP3A Ir. Rusydah.
Para peserta tampak sangat antusias mendengarkan paparan dari Dr. Ir. Hidayatullah, SE, S.IP, MM, MP dan Hj. Masitah Umar selaku narasumber  workshop tersebut.Sebelum penutupan, para peserta dibagikan blanko tentang tujuan mereka dalam organisasi, yang nantinya akan dipilih untuk direalisasikan bersama. (MC-Kab.Banjar/aulia/dani/hndy)