Martapura, InfoPublik – Pelaksanaan haul ke-13 ulama Kalimantan Selatan KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang akrab disapa Abah Guru Sekumpul, usai dilaksanakan. Haul yang juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Panglima TNI  Marsekal Hadi Tjahjanto serta Kapolri Jendral Tito Karnavian, menandakan besar ulama asal Kota Martapura Kabupaten Banjar tersebut.
Pelaksanaan haul ulama kharismatik ini memang dihadiri sekitar 1,5 juta jamaah. Mereka datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia bahkan ada juga yang dating dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapora, Mesir, Turki dan lainnya.
Tercatat sekitar 10.500 relawan yang terlibat secara sukarela membantu pelaksanaan haul yang digelar Minggu, 25 Maret lalu. Belum lagi pengamanan dari pihak kepolisian, Dinas Kesehatan, petugas kebersihan, pemadam kebakaran, Dinas Perhubungan, relawan komunikasi dan lainnya membantu lancarnya kegiatan.
Usai kegiata bahkan para pelajar sekolah dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas di Kota Martapura tak mau ketinggalan.
Senin (26/3), ratusan pelajar dari sejumlah sekolah turun ke lapangan membantu membersihkan sampah yang masih berserakan di berbagai tempat. Bersama dengan para petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, ratusan pelajar memungut sampah-sampah yang tersisa dari kegiatan haul.
“Para pelajar tersebut berasal dari sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata di Kabupaten  Banjar,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Boyke W Triestiyanto.
Para pelajar yang turut membantu memungut sampah yakni dari SDN Indrasari 1 dan Indrasari 2 Martapura, SDN Sungai Paring 1 dan Sungai Paring 2 Martapura, SDN Jawa 5 Martapura, SDN Keraton 1 Martapura, SMPN 1Martapura, SMPN 2 Martapura, SMPN 3 Martapura. Selain itu juga siswa SMPN2 Martapura Timur, SMPN 2 Kertak Hanyar, MTS Hidayatullah Martapura, MTS Model Martapura, SMAN 1 Martapura serta MAN 4 Martapura Kabupaten Banjar. (MC-Kab.Banjar/Hendra/dani/TR)