Martapura, infoPublik – Mendapat laporan kurang lancarnya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SLTP, Bupati Banjar H Khalilurrahman langsung mendatangi sekolah guna melihat langsung pelaksanaan UNBK.
Usai memimpin rapat gabungan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar dan menerima kesebelasan Martapura FC di ruang kerjanya, H Khalilurrahman bergegas menuju sekolah yang menggelar UNBK, Senin (23/4).
Didampingi oleh Sekretaris Daerah H Nasrunsyah, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Gt Ruspan Noor, bupati yang akrab disapa Guru Khalil ini mendatangi SMAN1 Martapura tempat siswa  dari SMPN 1 dan SMPN 2 Martapura menumpang pelaksanaan UNBK.
“Kita hari ini memantau jalannya UNBK tingkat SMP dan Mts di SMA 1 Martapura, alhamdulillah berjalan lancar meski di beberapa sekolah sempat terjadi gangguan server,” jelas Guru Khalil.
Dijelaskan bahwa siswa SMPN 1 dan SMPN 2 Martapura terpaksa menumpang di SMA 1 Martapura untuk menjalankan UNBK, karena belum memiliki peralatan yang memadai.  “Perlahan semua sekolah akan kita lengkapi peralatan untuk UNBK,” ujarnya.
Pelaksanaan (UNBK untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Syanawiah digelar serentak di sejumlah sekolah di Kabupaten Banjar. Meski terjadi gangguan server di beberapa sekolah, namun secara keseluruhan pelaksanaan ujian berjalan lancer.
Siswa MTS Muhammadiyah Maartapura dan MTS Mandiangin yang melaksanakan UNBK di SMK Martapura tidak bisa mengerjakan soal selama hampir satu jam, karena gangguan sistem.
Kepala SMK Muhammadiyah Mandiangin Samsudi mengatakan, siswanya yang mengikuti UNBK sebanyak 19 orang sedangkan dari SMK Martapura sebanyak 10 orang. “Tadi sempat terjadi gangguan sistem dari pusat, tapi tidak lama dan siswa bisa kembali menjalakan UNBK,” jelasnya.  (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ogb/dani/eyv)