Martapura Barat Juara Umum MTQ se-Kabupaten Banjar

Share it:
Martapura, infoPublik – Warga Kecamatan Martapura Barat boleh berbangga hati, pasalnya kafilah dari kecamatan tersebut, berhasil menjadi juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Banjar ke-42 yang baru saja berakhir.
Dari 20 kecamatan yang turut memeriahkan kegiatan tahunan tersebut, para kafilah Kecamatan Martapura Barat, berhasil mengumpulkan nilai terbanyak yakni 56 poin dan berhasil mengalahkan juara tahun lalu Kecamatan Martapura Kota.
Disaksikan ribuan warga dan para kafilah yang berpartisipasi di MTQ tahun 2018, Camat Martapura Barat Rabbani menerima piala bergilir juara umum yang diserahkan oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman, Selasa (24/4) malam, di Kecamatan Cintapuri Darussalam, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.
Pelaksanaan MTQ di Kecamatan Cintapuri Darussalam digelar selama lima hari sejak Jumat (20/4) hingga ditutup pada Selasa (24/4). Sekitar 4 ribu peserta dari 20 kafilah ikut berlomba pada berbagai cabang antara lain, Hifdzil, Fahmil, Tilawah, Tartil, Khath, Syahril serta Pawai Taaruf.
"Kami sangat terbantu dengan bantuan dari Bupati dan wakil Bupati yang telah menyumbangkan dananya 1 Milliar lebih, dan juga kepada pihak-pihak terkait," ujar Ketua Panitia MTQ ke 42, Suyitno.
Dewan Hakim yang dipimpin oleh Salmani, mengumkan hasil seleksi antara lain cabang Musyabaqoh Tilawatil Qur'an juara terbaik dan favorit dimenangkan oleh qoriah Hj Raudhah dari Kecamatan Martapura Timur dengan nilai 223, sedangkan qori oleh Wardiansyah dari Aranio dengan nilai 220.
Katagori pawai ta'aruf dimenangkan oleh kafilah dari Kecamatan Cintapuri Darussalam dengan nilai 726, Martapura Barat dengan nilai 710, dan kecamatan simpang 4 dengan nilai 700. Sedangkan juara umum, Kecamatan Martapura Barat dengan nilai 56 poin.
Ketua LPTQ Kabupaten Banjar Saidi Mansyur mengucapkan terima kasih kepada Bupati Banjar  dan seluruh masyarakat Kecamatan Cintapuri Darussalam yang menyediakan tempat dan membantu tanpa lelah sehingga terlaksananya kegiatan MTQ tahun ini.  “Saya juga apresiasi dan terima kasih atas kerja dewan hakim,  yang telah bekerja siang malam untuk kelancaran kegiatan selama lima hari,” ujarnya. 
Sementara Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan, kegiatan MTQ dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan tentang Al-Qur'an. Semoga terlahir qori dan qoriah, mufasyir dan mufasyirah yang akan mengukir prestasi di ajang selanjutnya,” ujar bupati yang juga seorang ulama ini. 
“Kita ucapkan alhamdulillah karena kegiatan ini dari tanggal 20 hingga 24 April 2018 bisa berjalan dengan lancer. Semoga tahun depan kita juga dapat melaksanakan kegiatan ini dengan lebih baik lagi,”  ujarnya.
Kemreriahan MTQ ditutup dengan pembagian trophy kepada para pemenang serta pengumuman pelaksanaan MTQ tahun depan di Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ogb/dani)
Share it:

banjarkab

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: