Desa Rantau Nangka Kembangkan Biogas Kotoran Sapi

Share it:
Martapura, infoPublik - Desa Rantau Nangka Kecamatan Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan mengembangkan biogas yang berasal dari kotoran ternak sapi untuk digunakan sebagai keperluan rumah tangga warga setempat.
Pengembangan biogas ini satu terobosan atau inovasi pembangunan yang memeng digaungkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Pemantauan dan penilaianpun dilakukan guna menetapkan desa terbaik yang memiliki sebuah inovasi pembangunan.
"Desa  Rantau Nangka memiliki inovasi berupa biogas dari kotoran sapi yang memang banyak diternakkan warga setempat," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar, Aspihani, Senin (9/4/2018) di Aula Barakat, kantor Pemkab Banjar, di Martapura.
Saat ini, Desa Rantau nangka menjadi salah satu desa binaan dan desa yang dinilai oleh Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan untuk mengembangkan potensi desanya. Dijelaskan Aspihani bahwa tim pembinaan dari Propinsi Kalimantan Selatan sudah beberapa kali turun ke Rantau Nangka.
“Seminggu sekali mereka turun ke lapangan untuk melakukan pembinaan dan penilaian. Nanti pada 2 Mei akan disampaikan hasilnya,” ujarnya.
Selain Biogas,  Desa Rantau Nangka juga mengembangkan tanaman toga dan tanaman obat keluarga pada lahan kosong. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Rif’ah/Dani/TR)
Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: