Kader PKK Dilatih Pemulasaran Jenazah

Share it:
Martapura, InfoPublik – Bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menggelar pelatihan pemulasaran jenazah, di ruang sekrtariat PKK Kabupaten Banjar, Senin (16/4).
Puluhan peserta yang terdiri dari para kader dan pengurus PKK kecamatan se Kabupaten Banjar tampak antusias memperhatikan detil tata cara pemulasaran jenazah yang dicontohkan oleh narasumber dari MUI Kabupaten Banjar. Bagaimana cara mengurus jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani dan lainnya, disampaikan oleh pemateri.
Kadang terdengar gelak tawa dari para peserta, melihat ada rekan mereka yang tampak takut memegang manekin atau patung model yang biasa dijadikan untuk memajang pakaian di toko-toko baju.  Manekin tersebut memang digunakan sebagai model jenazah pada pelatihan pemulasaran.
Ketua TP-PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah menyatakan dukungannya  atas kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah oleh DP2KBP3A.
“Saat ini, memang jumlah tenaga pemulasaran jenazah, terutama kaum perempuan masih sedikit. Jadi kita memang memerlukan tenaga-tenaga yang paham dan terlatih,” jelas Raudhatul.
Dia berharap, nantinya di setiap desa minimal memiliki seorang tenaga pemulasaran jenazah, sehingga tidak perlu mendatangkan dari desa lain.
Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak Dinas P2KBP3A, Rusydah mengatakan,  seminar pemulasaran jenazah ini merupakan rangkaian peringatan  Hari Kartini di Kabupaten Banjar. “Jika selama ini rangkaian kegiatan Hari Kartini selalu bersifat kedunian, maka tahun ini kita coba kegiatan yang lebih Islami,” ujar Rusydah yang juga menjabat Sekertaris TP-PKK Kabupaten Banjar ini.
Menurutnya kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah ini merupakan inovasi yang idenya dari Ketua TP-PKK Banjar. “Moga kita bisa secara rutin melakukan pelatihan ini, sehingga tujuan yang diinginkan bisa tercapai,” imbuhnya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Tuti/Lydia/Dani/Eyv)
Share it:

banjarkab

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: