Kominfo Banjar Usulkan Penuntasan Blank Spot

Share it:
Martapura, infoPublik - Terbatasnya layanan jaringan telekomunikasi di pelosok Kabupaten Banjar menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah yang harus segera dituntaskan. Menanggapi kondisi tersebut, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar usulkan perencanaan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dalam program utama 3T (terdepan, terluar, tertinggal).
Perlu diketahui, BTS merupakan sebuah inspratuktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator, piranti komunikasi penerima sinyal BTS bisa telpon, telpon seluler, jaringan nirkabel hingga operator jaringan  yaitu GSM, CDMA atau platform. Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Ir H Farid Soufian mengatakan usulan pembangunan BTS di dalam program utama 3T masih dalam tahap usulan ke pusat.
“Kita juga tidak hentinya untuk mengusulkan kepada kementrian kominfo untuk minta diprioritaskan dalam program 3T tersebut, mengingat masih banyak kecamatan-kecamatan dan desa-desa di pelosok Kabupaten Banjar yang masih tidak dapat menikmati akses internet dengan baik, sehingga perlu difasilitasi dari pusat,” akunya.
Menurutnya, untuk daerah-daerah terpencil pihaknya mengusulkan daerah seperti Paramasan, Sambung Makmur, Aranio, Sungai Pinang dan daerah terpencil lainnya di Kabupaten Banjar yang memang masih mengalami blank spot. Farid mengapresiasi program pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi, daerah-daerah yang dirasa masyarakatnya sudah maju namun terhalang jaringan seperti gunung dan lain sebagainya harus di bantu oleh pusat.
Dijelaskan bahwa kewenangan kabupaten dan kota tidak boleh membangun BTS. “Kewenangan itu ada pada pemerintah pusat, jadi kita sangat mengharapkan program pembangnan BTS di Kabupaten Banjar bisa direalisasikan, mengingat sangat diperlukan oleh warga,” harapnya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/kanalk/dani)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: