Martapura, InfoPublik – Kampanye Gerakan Hidup Sehat (Germas) terus digaungkan oleh jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Tak hanya petugas kesehatan, para pelajar serta pramuka pun turut andil mengampanyekannya.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, MKes, kampanye Germas mesti melibatkan seluruh unsur masyarakat, termasuk pelajar dan pramuka. Dinkes Banjar telah mensosialisasikan Germas kepada para pelajar serta santri di sejumlah sekolah dan pomndok pesantren.
“Baru-baru tadi Dinas Kesehatan Banjar juga mensosialisasikan Germas kepada 60 pramuka penegak dan pendega di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas,” jelas Ikhwansyah, di Dinas Kesehatatan Banjar, di Martapura, Selasa (2/5).
Germas sendiri merupakan kependekan dari gerakan masyarakat sehat yang diluncurkan pemerintah pada 2016 lalu, sebagai salah satu kebijakan kementrian kesehatan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan kesehatan.  
Selama ini masalah kesehatan muncul akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat dan sanitasi lingkungan serta air bersih yang kurang memadai, karena itu Germas hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.
Prilaku hidup sehat masyarakat diimbau untuk melakukan kegiatan fisik setiap harinya, kemudian memperbanyak makan buah dan sayur, rutin memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan dan menjaga lingkungan sekitarnya.
Diharapkan, peran para pramuka Satuan Karya Bakti Husada akan mampu meningkatkan perilaku hidup sehat dan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat,  dengan menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. “Sesuai dengan tujuan Pemerintah Kabupaten Banjar untuk mewujudkan Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah, termasuk di bidang kesehatan,” imbuh Ikhwansyah. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/irwan/dani/Kus)