Martapura, InfoPublik – Sebanyak 443 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Banjar, siap diberangkatkan pada musim haji pada tahun ini. Para calon jamaah haji kini tengah menjalani bimbingan manasik haji massal yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Kabupaten Banjar. Bertempat di Masjid Nurul Iman, Desa Indrasari Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, manasik haji massal tersebut dibuka oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman, Sabtu (23/6).
Di hadapan para jamaah calon haji, Bupati Banjar yang juga seorang ulama ini berpesan agar para jamaah menyimak dengan baik materi yang disampaikan oleh pembimbing manasik haji, sehingga bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan haji dengan lancar. Bupati juga berpesan kepada para calon jamaah haji, agar selalu meluruskan niat saat melakukan ibadah haji sesuai dengan aturan dan sungguh-sungguh dalam melaksanakannya.
“Terpenting juga untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran sebelum dan saat melaksanakan ibadah haji, mengingat cuaca yang berbeda dengan di daerah kita,” ujarnya.
Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banjar H Izzuddin menjelaskan, para jamaah calon haji asal Kabupaten Banjar tahun sebanyak 443 orang yang terbagi 3 kloter.  Kloter pertama akan bergabung dengan jamaah calon haji Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Tapin, kloter kedua akan bergabung dengan jamaah haji Kabupaten Tanah Laut, dan Kabupaten Kotabaru.
“Sedangkan untuk kloter 3 khusus jamaah calon haji asal Kabupaten Banjar,” ungkapnya, seraya menambahkan bahwa tidak ada penambahan jumlah jamaah haji tahun ini dibanding tahun lalu.
Kegiatan manasik jamaah haji direncanakan sebanyak 12 kali, yakni di tingkat Kabupaten Banjar sebanyak dua kali, dan 10 kali untuk kecamatan. Selain itu dia juga memberitahukan bahwa kini daftar tunggu berangkatan haji di Kabupaten Banjar cukup lama yakni hingga 28 tahun.  
“Tapi sesuai dengan ketentuan kementerian agama, calon jamaah haji yang meninggal dunia sebelum keberangkatan bisa digantikan oleh sanak saudaranya,” pungkas Izzuddin. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ogb/dani)