Pencanagan Kampung KB Matahari

Share it:
Martapura,InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kembali membentuk pencanangan Kampung KB di Desa Minggu Raya, Kecamatan Astambul pada Rabu (10/10) pagi.
Bupati Banjar H Khalilurahman mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan program Kampung KB ini, dan mengucapkan selamat atas terbentuknya kampung KB ini di Desa Munggu Raya ini.
Dia juga menyampaikan, kampung KB ini merupakan intrupsi langsung oleh presiden RI, selain seluruh sektoral terlibat dalam pembangunan kampung KB ini, peran masyarakat juga sangat penting dalam pengembangan kampung KB ini.
"Kampung KB ini bisa dinamakan kampung keroyokan, karna bukan KB aja, tapi juga kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Dan peran masyarakat sangat penting dalam mengembangkan kampung KB,"katanya.
Bupati Banjar juga berharap, dengan di tetapkan kampung KB ini mampu memberikan penjalan mengenai program-program pemerintah, sehingga masyarakat semakin aktif dan terpadu dalam mewujudkan kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah. Pada acara tersebut Bupati Banjar H Khalilurahman menyerahkan satu set komputer untuk balai penyuluh KB di kecamatan Astambul dan dilakukan juga penandatanganan prasasti Kampung KB Matahari di Desa Munggu Raya kecamatan Astambul.
Camat Astambul Jurji Zaidan mengaku sangat mendukung dan menyambut baik program dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak ini, karena akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk masyarakat.
"Kita sangat mendukung dan menyambut baik dengan dijadikannya Desa Munggu Raya ini  sebagai percontohan kampung  KB, karena akan sangat bermanfaat untuk masyarakat,"katanya.
Desa Munggu Raya ini sebagai percontohan Kampung KB karena beberapa hal, diantaranya desa munggu raya ini masih dikatagorikan sebagai desa tertinggal dan angka. Stunting cukup tinggi, kekurangan gizi, Ditambahkannya, Desa Minggu Raya terdiri dari 593 jiwa dari 200 KK. Selain itu Kabid KB dan KS Alfisah menuturkan, Pihaknya menargetkan tahun 2019 nanti sebanyak 20 kampung KB, dan  di Kecamatan Astambul ini tepatnya di Desa  Munggu Raya menjadi Desa yang kedua yang di jadikan percontohan Kampung KB.
"Dalam rangka mningkatkan kesetaraan keluarga dan masyarakat, pada tahun 2018, terdapat 20 kampung KB dicanangkan dan ini  baru ke-2. Besok kita ke telaga bauntung,"ucapnya
Sementara untuk kriteria sebuah Desa untuk menjadi Kampung KB ada kriteria khusus dan umum. Kreteria khusus adalah Angka kemiskinan lebih besar dari desa lainnya, sektor kb lebih rendah dari desa lainnya,Untuk Kriteria umum seperti pendidikan kesehatan dan lainnya yang berkaitan dengan kesejahateraan masyarakat Tingkat kekumuhan (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Agus/Andri/Rizki/Dessy)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: