Lapas Perempuan Kelas II Kabupaten Banjar Jalani Pemeriksaan IVA Test

Share it:
Martapura, InfoPublik - Ratusan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II Martapura, menjalani pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Aula Lembaga lapas Perempuan kelas II Kabupaten Banjar, Jum’at (26/4/2019).
IVA test yang diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Banjar beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan bekerja sama dengan Lapas Perempuan Kelas II Kabupaten Banjar tersebut, untuk melakukan deteksi dini kanker serviks para warga binaan.
Dalam hal ini Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiyah yang diwakili Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Banjar, Budiarti Nasrun Syah, secara langsung turut menyaksikan pelaksanaan pemeriksaan deteksi penyakit kanker, di ruang pemeriksaan tersebut bersama Kepala Dinas Kesahatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah, Kepala Lapas Kelas IIA Martapura, Yunengsih serta perwakilan TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan.
Budiarti Nasrun Syah mengatakan sangat bersyukur dengan dilaksanankannya kegiatan Pemeriksaaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura.
Menurut dia, dengan mengikuti kegiatan pemeriksaan IVA ini, akan dapat mengetahui apakah sudah aman dari kanker serviks atau tidak. Serta tahu gejala awalnya, sehingga dapat mencegah langsung mengobatinya dengan cepat dan tuntas.
“Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara,” ujarnya
Dia menyampaikan bahwa, berdasarkan penelitian yang dirilis WHO pada tahun 2014, lebih dari 92 ribu kasus kematian pada wanita di Indonesia disebabkan oleh penyakit kanker. Dari jumlah tersebut 10% terjadi kanker serviks.
“Maka dari itu kepada warga binaan, agar jangan takut dan malu mengikuti kegiatan pemeriksaan IVA ini, ayo beranikan diri walaupun nanti ada yang positif, insya allah akan kita obati dengan tuntas,” ucapnya
Dirinya meminta kepada seluruh petugas kesehatan, baik para dokter, bidan dan tenaga kesehatan lainnya, agar tetap bersemangat dan bekerja keras serta bekerja ikhlas terutama dalam memberikan pelayanan secara khusus kanker serviks dimanapun bertugas.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan ada banyak temuan kasus di Kabupaten Banjar hampir sekitar 150 lebih, dan di dalam Lapas ini ditemukan ada 30 orang yang positif hampir 20%.
Dari Dinas Kesehatan juga sudah menyampaikan kegiatan ini harus ada tindak lanjut, teman-teman juga sudah bikin program mudah-mudahan program itu berjalan dan kita berusaha menekan yang terkait dengan angka temuan kasus ini supaya lebih kita tekan supaya tidak meningkat lagi,” tegasnya
Dengan harapan bahwa kegiatan ini luar biasa kemudian kepedulian yang bersangkutan yang harus kita tekankan. “Tim dari Dinas Kesehatan juga sudah ada dan tim kita tinggal menindak lanjuti hasil dari pemeriksaan IVA test ini,” tambahnya
Kepala Lapas Kelas IIA Martapura, Yunengsih kami sangat berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Banjar kerena hasil kerja sama dengan Dinas Kesehatan banjar, yang warga binaan kami lapas warga binaan perempuan bisa melaksanakan IVA test yang kalo diluar untuk mengetes bisa mahal. Tetapi didalam dengan cuma-cuma mereka bisa lebih dini mengetahui kesehatanya terutama menyangkut kewanitaan.
“Sehingga, alhamdulillah sudah berjalan beberapa waktu sekitar 300 lebih warga binaan yang sudah di tes hasilnya, kalo yang positif itu sudah ditindak lanjuti untuk pengobatan,” pungkasnya.
(MC-Kominfo-Kab.Banjar/Rzq/Man/Dessy)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: