Banjar Gunakan Aplikasi E-Office Untuk Mudahkan Administrasi Perkantoran

Share it:
Martapura, InfoPublik – Suatu pemerintahan, segala aktivitas tata kelola harus dijalankan secara cermat oleh seluruh stakeholder, namun aktivitas tata kelola yang kompleks, memerlukan suatu sistem pendukung (aplikasi).
Yng secara terus menerus mampu melakukan pengotomatisan di hampir semua proses pengolahan data administrasi dan aktivitas pekerjaan karyawan.
Dengan demikian, aktivitas dalam Pemerintahan dapat berjalan secara efektif juga efisien dan tujuan akhir dari visi-misi pemerintahan dapat tercapai secara optimal.
Proses pengolahan data merupakan bagian paling sulit di lingkungan Pemerintahan sebab suatu data harus diolah secara tepat, sehingga dapat dijadikan informasi yang benar. Hal ini dapat semakin sulit dengan adanya perbedaan jarak antar instansi yang membuat proses tersebut terhambat.
Peran E-Office sangat membantu dalam menyampaikan informasi dan aktivitas komunikasi pada suatu instansi, baik dalam lingkungan satu instansi maupun antar instansi.  
Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (KISP) Kabupaten Banjar mengadakan Bimtek Aplikasi E-Office lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar di Hotel Q  Grand Dafam Syariah, Selasa (30/4/2019).
Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Farid Soufian dalam sambutannya menyampaikan, aplikasi E-Office merupakan aplikasi perkantoran yang mengganti proses administrasi berbasis manual ke proses berbasis elektronik.
“Memanfaatkan fasilitas jaringan lokal (Lan) maupun jaringan internet (Online), dengan aplikasi ini dapat memudahkan dan mempercepat kinerja skpd dalam urusan Surat menyurat, tanda tangan atasan, konsep surat karena lebih efisien dan praktis dalam pemanfaatan teknologi informatika,” ujarnya.
Diharapkan dengan adanya Aplikasi E-Office para peserta Bimtek dapat memahami dan menyerap materi yang disampaikan dan Instansi dapat melaksanakan kegiatan administrasinya dengan lebih mudah, cepat, transparan, akurat, aman dan efisien.
Selanjutnya penyampaian materi oleh narasumber Heru Firmansyah dengan materi mengenai cara pelaksanaan dan panduan dalam menerapkan aplikasi sistem persuratan Elektronik atau E-Office.
Pada instansi pemerintahan, peran sistem aplikasi E-Office sangat besar dalam mensukseskan program tata kelola pemerintahan (E-Government). Instansi-instansi yang sudah mengadopsi E-Government diharapkan mampu memperoleh predikat sebagai instansi dengan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).
“E-Office berperan dalam mempercepat proses penyampaian laporan sehingga sangat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan,” tegasnya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo, Statistik dan Persandia Kabupaten Banjar Heru Pitaya mengatakan  tujuan diadakannya Bimtek Aplikasi E-Office ini, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pemkab Banjar, serta tercapainya efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan surat menyurat.
Sebanyak 32 orang peserta dari SKPD lingkup Pemkab Banjar mengikuti Bimtek Aplikasi E-Office.
Turut hadir Sekretaris Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Heru Pitaya, Kepala Bidang E-Government Cornelius Kristiyanto, serta narasumber Staf Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kab.Banjar Heru Firmansyah,”tambahnya (MC Kominfo Kab.Banjar/Ags/Man/Hendy/toeb)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: