Pranata Komputer Diajarkan Mengelola Website Kecamatan

Share it:
Martapura, InfoPublik – Keterbukaan informasi publik sudah menjadi keharusan pada Pemerintahan, bukan hanya di Pemeritahan yang paling atas, tetapi juga pemerintahan yang paling bawah.
Karena masyarakat berhak mendapatkan informasi yang cepat dan tepat terhadap tata kelola baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Kecamatan hingga Desa.
 Keterbukaan infomasi membuat segala bentuk Pemerintahan harus menyampaikan informasi tentang tata kelola salah satunya melalui website.
Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar agar tercapainya informasi kepada masyarakat secara cepat dan tepat melaksanakan Bimtek Pendayagunaan Website kepada ASN lingkup Kecamatan Pemkab Banjar di Hotel Q Grand Dafam Syariah Banjarbaru, Senin (29/4/2019)
Kepala Dinas Kominfo,Statistik dan Persandian Kab.Banjar HM Farid Soufian mengatakan mengelola website tidak susah tinggal ada tidaknya kemauan untuk belajar dan membiasakan diri untuk selalu  menggunakan teknologi informasi.
Gampang untuk mengupdate berita di website, tiap Kecamatan kan banyak kegiatan, itu semua bisa ditulis dan diunggah. Camat saja tiap pekan sekali mengikuti rapat koordinasi mingguan di kantor Bupati. Itu juga kegiatan yang bisa diinformasikan.
Lebih lanjut ia meminta para tenaga prakom tak sebatas selalu mengupdate sajian informasi, tapi juga mesti menyediakan link atau fitur interaktif yang berfungsi sebagai wadah bagi publik untuk menyampaikan umpan balik seperti pengaduan.
"Itu sangat penting karena membantu mempermudah masyarakat untuk mengadu atau menyampaikan informasi,"tegasnya.
Jika hal itu bisa dilakukan, ia mengatakan secara langsung juga bakal meningkatkan kinerja aparatur di kecamatan.
Sekretaris Dinas Kominfo,Statisrik dan Persandian Kab.Banjar, Heru Pitaya mengatakan peserta bimtek adalah para tenaga pranata komputer di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar sebanyak 20 orang. Kegiatan bimtek dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan atau kecakapan mengenai pengelolaan website.
Kabid E-Govermence, Cornelius Kristiyanto menjelaskan website atau situs telah menjadi kebutuhan tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Pasalnya perkembangan kemajuan informasi teknologi kini makin bertumbuh secara pesat. Karenanya, tiap SKPD kini mesti memiliki situs dan harus dikelola secara professional.
Begitu halnya SKPD di lingkungan Pemkab Banjar, juga mesti mampu mengelola situs secara baik dan berkesinambungan. Setiap hari mesti diupdate kontennya, jangan sampai tidak update. Minimal seminggu sekali harus ada informasi baru yang disampaikan,"harapnya
Selanjutnya Staff pengelola Website KISP Banjar, Reza Kashogi, menjelaskan beberapa cara penggunaan website bagi pemeritahan. Suatu halaman yang memuat satu konten baik berupa artikel maupun media yang pada umumnya dilengkapi dengan kolom komentar yang terhubung dengan situs di RSS feed.
Dia juga menjelaskan kategori-kategori langsung dalam menampilkan arsip-arsip untuk menyimpan yang sudah diupload.
Selain itu juga secara default WordPress menyediakan 16 Widget yang dapat digunakan diantaranya arsip, audio, awan tag, cari, gambar, HTML khusus, Kalender, Kategori, Komentar Terbaru, Laman, Menu tersuai, Mata, Pos-pos terbaru, RSS, Teks dan juga Video yang ada ditampilan Website. (MC Kominfo Kab.Banjar/Rzq/Ags/Man/Hendy/toeb)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: