Bupati Buka Pasar Wadai Martapura

Share it:
Martapura, InfoPublik -  Animo masyarakat di Martapura mengunjungi pasar wadai Ramadhan di lahan parkir RTH Ratu Zalecha Martapura tak pernah sepi. Pasar wadai Ramadhan ini merupakan salah satu bagian dari program festival budaya daerah yang sudah menjadi tradisi dan even tahunan, dengan tujuan untuk memberikan tempat bagi pedagang dan masyarakat untuk membeli beraneka ragam kue atau makanan tradisional khas Banjar untuk hidangan berbuka puasa yang higenis, sehat, murah dan terjangkau masyarakat.
Pasar Ramadhan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar dan PD Pasar, dan instansi terkait, dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah, dengan menyediakan stand sebanyak 40 buah.
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah memotong pita menandai dibukanya Pasar Wadai Ramadhan 1440 H, Senin (6/5/2019). Dia juga meninjau stand Pasar Wadai Ramadhan didampingi Bupati Banjar, H Khaliurrahman, Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo dan sejumlah Kepala SKPD di Pemkab Banjar.
Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan kegiatan pasar wadai ini bertujuan untuk melestarikan budaya atau tradiri masyarakat di Kabupaten Banjar dalam menyambut bulan suci Ramadhan, mempromosikan kuliner khas Kabupaten Banjar dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Banjar, serta merealisasikan target kinerja pada indikator kinerja utama pemerintah daerah  dalam RPJMD yaitu jumlah kegiatan kebudayaan yang bernuansa religi.
"Kepada para pedagang, saya menghimbau agar selalu memperhatikan : variasi produk makanan, stabilitas harga, kualitas bahan, ketertiban, dan yang paling utama adalah kebersihan tempat berjualan. Mari kita bersama-sama selalu menjaga kebersihan lingkungan disekitar tempat berjualan. Apabila tempat kita berjualan dan seluruh lingkungan pasar bersih, maka pembeli akan nyaman mengunjunginya," katanya.
Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Polres Banjar, Polsek Martapura, PD Pasar, dan instansi terkait lainnya yang telah mendukung pelaksanaan pasar wadai ramadhan ini, juga kepada para pedagang serta seluruh masyarakat sekitar.
Dirinya mengharapkan, semoga keberkahan untuk semua, dan semoga Pasar Wadai ini menjadi objek wisata kuliner di Martapura, selama bulan Ramadhan berlangsung.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan program kerja tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar yang tertuang dalam Renstra dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019.
"Dalam menyelenggelarakan kegiatan pasar wadai ini, kami telah menyediakan 40 stand yang akan diisi oleh para pedagang yang menyediakan kue dan makanan berbuka puasa. Didukung pelayanan dari Binmas Polres Banjar dan Samsat Martapura selama kegiatan berlangsung,"ujarnya.
Pihaknya menekankan kepada pedagang Pasar Wadai Ramadhan untuk pentingnya menjaga stabilitas harga, kebesihan, kesehatan dan kualitas makanan yang dijual. Dia juga berterimakasih kepada semua pihak yang turut mendukung terselenggaranya Pasar Wadai Ramadhan tahun 1440 Hijriah ini,”tutupnya (MC Kominfo Kab.Banjar/Ags/Man/hendy)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: