Kunjugan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Batang Ke Kabupaten Banjar

Share it:
Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar menerima kunjungan kerja Komisi A DPRD Kabupaten Batang, Jawa Tengah, di ruang kerja Bupati Banjar, Sekretariat Daerah Pemkab Banjar, Martapura, Selasa (8/5/2019).
Rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Batang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Batang, Nur Untung Slamet diterima Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Masyarakat, Zainuddin yang mewakili Bupati Banjar, H Khalilurrahman.Kunker Komisi A DPRD Kabupaten Batang tersebut terkait dalam rangka pengelolaan dana desa & Bumdes.
Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Masyarakat, Zainuddin mengucapkan selamat datang kepada rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Batang. Zainuddin menuturkan, Pemkab Banjar telah melakukan berbagai program pembangunan desa-desa yang ada di Kabupaten Banjar. Salah satunya adalah dengan program BUMDes dan Dana Desa guna pembangunan desa menjadi lebih baik.
Zainuddin menyampaikan, untuk maksimalkan pembangunan desa, Pemkab Banjar lebih memfokuskan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia.
“Berdasarkan Perbup Kabupaten Banjar No 19 Tahun 2018. Pengelolaan dana desa di Kabupaten Banjar lebih memfokuskan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia, tidak hanya peningkatan infrastruktur semata,” ungkapnya.
Sebagai program yang telah sukses membawa masyarakat Kabupaten Banjar meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian BUMDes terus mengalami pertumbuhan.
“Alhamdulillah, di Kabupaten Banjar memiliki sekitar 89 Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang tersebar di 15 Kecamatan, dan diantaranya ” ucap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Zainuddin.
Dia juga menyampaikan dengan berdirinya BUMDes dapat meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteran masyarakat.
“BUMDes di Kabupaten Banjar cukup berkembang dengan meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan potensi yang dimiliki desa untuk kesejahteraan warga dan meningkatkan pendapatan asli desa sehingga menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi warga desa,” katanya.
Wakil Ketua DPRD Batang, Nur Untung Slamet mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Banjar yang telah menerima kunjungan rombongan Komisi A, serta ia juga menyampaikan ingin belajar tentang pengelolaan BUMDes yang ada di Kabupaten Banjar.
“Pada kunker kali ini ada hal yang perlu kami garis bawahi yaitu tentang BUMDes, yang ternyata dari 277 desa ada 61 yang telah terbentuk bumdesnya, dan Kabupaten Banjar melalui BUMDesnya bisa mendapatkan omset mencapai 5 milyar,” ucapnya.
Nur Untung Slamet mengutarakan tindakan Pemkab Banjar sangat efektif dalam membangun BUMDes.
“Permodalan yang melibatkan BKM, PMPM Mandiri, dan untuk BUMDes yang berasal dari dana didik itu digabungkan, jadi tidak semata-mata dari dana didik. Dengan ini artinya kami sudah punya modal, yang akan kami terapkan di daerah kami Kabupaten Batang, dan ini yang kita akan bicara kepada Pemendes (Pemimpin Pemerintah Desa - red) untuk menetapkan kebijakan seperti Kabupaten Banjar,” tambahnya.
Nur Untung Slamet menjelaskan dari 239 desa hanya 40 BUMDes berdiri di Kabupaten Batang yang masih belum termaksimalkan atau tidak bisa berkembang karena hanya mengandalkan pendanaan dari Dana Desa. (MC-Kominfo-Kab. Banjar/Prs/Dessy)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: