Pemkab Banjar Siap Tambah Saluran Irigasi

Share it:
Martapura, infoPublik – Guna peningkatan produksi pertanian, Pemerintah Kabupaten Banjar berencana memperpanjang saluran irigasi Riam Kanan hingga ke Kecamatan Gambut.
Sosialisasi terkait rencana pembangunan irigasi tersebut, disampaikan kepada masyarakat di Balai Desa Tambak Sirang Darat, Kecamatan Gambut, Senin (13/5/2019).
Pembangunan saluran tambahan irigasi Riam Kanan bakal melalui dua desa di Kecamatan Gambut yakni Desa Tambak Sirang Darat dan Desa Tambak Sirang Laut.
Konsultasi publik dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar beserta Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Banjar kepada aparatur desa serta masyarakat pemilik lahan kedua desa.
Tim Persiapan Kegiatan pembangunan saluran irigasi yang berhadir memberikan penjelasan, yakni Kepala Bidang Sumber Daya Alam Dinas PUPR Banjar Rahmadi, Kepala Bidang Fisik Prasarana Bappeda Litbang H. Syuhadak dan Kasi Pengadaan Tanah dan Pengurusan Ha katas Tanah Istansi Pemerintah Ronni.
Juga hadir Sekretaris Camat Gambut H. Sirajuddin Ali, Kasi Pemerintahan Yuriansyah, Kanit Binmas Polsek Gambut Khairullah serta pembakal dan warga dari Desa Tambak Sirang Darat dan Desa Tambak Sirang Laut.
Pada acara ini dibuka seluas-luasnya tanya jawab antara tim dengan warga pemilik tanah. “Tujuan dari pembangunan jaringan irigasi ini adalah untuk meningkatkan produksi padi kita,” ujar Syuhadak.
Sedangkan Rahmadi menjelaskan secara runut terkait persiapan pembangunan irigasi, mulai dari perencanaan jaringan dan menentukan titik jalur yang dilalui. Setelah itu akan meminta persetujuan dari pemilik lahan, pengkajian selanjutnya baru dilakukan pembangunan.  (MC-Banjar/Briefda-Hairudin/Dani/Eyv)

Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: