Seluruh Desa di Kabupaten Banjar Diminta Punya Perpustakaan

Share it:
Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan meminta agar dana desa atau kelurahan dapat dimanfaatkan untuk membuat perpustakaan desa, sehingga dapat digunakan sebagai pusat belajar dan kegiatan masyarakat.
Hal tersebut ditekankan Bupati Banjar Khalilurrahman melalui Penjabat Sekda Banjar I Gusti Nyoman Yudiana, saat menjadi pembina apel di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar, sekaligus Peringatan Hari Buku dan Hari Kearsipan Nasional di halaman Kantor Pemkab Banjar, Senin (13/5/2019).
Dia menyampaikan, sesuai dengan pesan yang disampaikan bupati bahwa, dengan adanya perpustakaan desa atau kelurahan dapat mengurangi kemiskinan informasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
Hal tersebut lanjut dia, sejalan pula dengan kebijakan nasional yang menjadikan urusan perpustakaan ke dalam prioritas nasional dengan program prioritas budaya literasi.
Yudiana juga menjelaskan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2012, tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009, maka setiap SKPD sebagai pencipta arsip wajib melaksanakan pengelolaan arsip dinamis melalui pengolah dan unit kearsipan di masing-masing SKPD.
"Sangat membanggakan, tahun ini Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia telah melakukan audit kearsipan terhadap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan telah berhasil masuk enam besar lembaga kearsipan terbaik nasional," katanya.
Keberhasilan itu kata Yudiana, diharapkan jadi semangat agar terus meningkatkan pengelolaan kearsipan. "Seluruh kepala SKPD supaya memberi perhatian lebih terhadap pengelolaan kearsipan, karena arsip adalah sumber informasi autentik dan terpercaya," tambah dia.
Usai apel, I Gusti Nyoman Yudiana menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba bercerita tingkat Provinsi Kalsel dan pemenang lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten Banjar.
Pemenang lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten Banjar juara pertama diraih Perpustakaan Istiqamah Desa Dalam Pagar Ulu, juara kedua perpustakaan Desa Keliling Benteng Ulu Martapura dan juara ketiga perpustakaan Kita, di Desa Selat Makmur Beruntung Baru.
Bendahara Perpustakan Istiqamah Desa Dalampagar Ulu Munawarah mengatakan, pihaknya menggelar berbagai kegiatan di perpustakaan. Mulai dari les pendidikan komputer yang diikuti anak sekolah paket dan umum, les menjahit dan kaligrafi.  Koleksi buku yang ada diperpustakaan ini sekitar 1.500 buku, dan berharap tahun ini akan bertambah.
Pengelola perpustakaan Desa Keliling Benteng Ulu Martapura Barat Ahmad Mawardi mengatakan, program-program yang dijalankan adalah mengembangkan perpustakaan di masyarakat, membuka bimbingan belajar, menyediakan sarana dan prasarana pendukung lainnya, seperti komputer.
"Bersyukur perpustakaan desa kami ini meraih juara dua. Dibangun sejak 2015 lalu sampai sekarang, ada koleksi 400 judul buku, ruangan yang memadai dan ke depan akan terus meningkatkan perpustakaan desa guna menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat terhadap perpustakaan," katanya.(MC-Banjar/Prs/Dani)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: