Tujuh SMP di Kabupaten Banjar Punya Pojok Keluarga

Share it:
Martapura, InfoPublik – Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan meresmikan Pojok Keluarga pada 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP), sebagai Program koordinasi kemitraan sekolah dengan orang tua siswa, yang berlangsung di halaman SMP Negeri 3 Martapura, Sungai Paring Martapura, Jumat (3/5/2019).
Ada pun 7 sekolah tingkat SMP yang memiliki Pojok Keluarga tersebut ialah SMPN 1 Martapura, SMPN 2 Martapura, SMPN 3 Martapura, SMPN 4 Martapura, SMPN 5 Martapura, SMPN 1 Martapura Timur, dan SMPN 2 Martapura Timur.
Dalam sambutan Bupati Banjar Khalilurrahman yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Maidi Armansyah mengatakan, sesuai dengan peratuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 30 tahun 2017 tentang pelibatan Keluarga dalam penyelenggaraan Pendidikan, maka diperlukan sebuah media yang dapat menjalin koordinasi antara orang tua siswa dengan sekolah di lingkungan Kabupaten Banjar.
Menurut dia, melalui Pojok Keluarga ini, nantinya dapat memberikan sumbangan nyata dalam memberikan informasi mengenai perkembangan dari para siswa yang tengah menempuh pendidikan. “Dengan penyampaian informasi yang baik kepada pihak keluarga, akan sangat bermanfaat untuk memberikan dukungan atau hal yang bermanfaat bagi keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah," ujarnya.
Namun, lanjut dia, dalam pelaksanaannya ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian bersama, terkait permasalahan yang ada di bidang Pendidikan, seperti perlunya upaya bersama untuk mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah, menekan angka putus sekolah, meningkatkan kualitas pembangunan bidang Pendidikan, serta pentingnya peran keluarga di tengah masyarakat untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan pendidikan.
“Diharapkan setelah diresmikan tujuh pojok keluarga ini, seluruh sekolah melakukan hal serupa, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas bidang pendidikan di daerah kita sebagai bagian dari pencapaian visi dan misi pembangunan daerah Kabupaten Banjar," ujarnya.
Kepala Bidang Bina PAUD, Pendidikan Keluarga, dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Alfisah memaparkan tujuan dibentuknya Pojok Keluarga, yaitu memudahkan orang tua berkoordinasi dengan sekolah, memudahkan sekolah dalam penuntasan siswa bermasalah, informasi kemajuan siswa, serta terbangunnya kemitraan yang erat dan harmonis antara sekolah dengan orang tua siswa.
“Dengan demikian Pojok Keluarga akan meningkatkan kepedulian keluarga terhadap pendidikan anak, dan juga meningkatkan tanggung jawab keluarga dalam mendukung keberhasilah Pendidikan,” ujarnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs/Hendy)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: