Bimtek Kader Pangan Posyandu Untuk Tingkatkan Pengetahuan Gizi

Share it:
Martapura, InfoPublik - Guna meningkatkan kualitas pangan di Kabupaten Banjar, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Bimtek Kader Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) pada Posyandu yang diikuti oleh 75 peserta Kader Pangan Posyandu PKK Kabupaten Banjar di salah satu aula hotel Banjarbaru, Selasa (8/10/2019).
Acara bimtek tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan Suparno, dan dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiah didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar Eddy Hasby.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan Suparno menyampaikan, dengan adanya Bimtek kader pangan dapat menambah pengetahuan tentang pangan yang baik dan bergizi.
“Harapan kita dapat merubah mindset masyarakat di Kalimantan Selatan dengan makan yang berimbang, bergizi, dan aman dikonsumsi, masyarakat yang asalnya tidak tahu apakah aman dikonsumsi atau mengandung bahan kimia berbahaya, menjadi tahu, melalui Bimtek kader-kader PKK ditingkat desa dapat menyosialisasikan pengetahuan yang diberikan narasumber pada lingkup masyarakat desa,” harap dia.
Ia juga menyampaikan Bimtek B2SA pada Posyandu, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan pada seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiah mengatakan, pembangunan posyandu yang terintegrasi meliputi perbaikan kesehatan gizi untuk perkembangan anak dan ketahanan pangan keluarga. Peranan pelayanan di posyandu khususnya meja enam (penganekaragaman pangan) masyarakat sangatlah penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
“Kami mengharapkan dengan adanya bimtek ini peran posyandu akan semakin mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar guna mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi,” ucap Ketua TP PKK Kabupaten Banjar.
Selanjutnya, Raudhatul berharap kepada peserta Bimtek untuk benar-benar menghayati dan menggali informasi atau ilmu pengetahuan, untuk meningkatkan mutu pelayanan di posyandu, sehingga percepatan penganekaragaman konsumsi pangan masyarakat tercapai sesuai yang diharapkan.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar Eddy Hasby menuturkan, dalam rangka meningkatkan gizi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Kader Pangan Posyandu melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan pada meja enam bidang pangan pada posyandu.
“Jadi fungsi dan peranan kita, meningkatkan peranan kader Pangan Posyandu ini, seperti kita memberikan bantuan bibit, baik dari Provinsi maupun Kabupaten guna pemanfaatan lahan pekarangan dan konsumsi yang sehat, dan pembimbingan guna menurunkan angka stunting,” katanya.
Pada kesempatan tersebut diserahkan sejumlah bantuan benih bibit oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan Suparno  dan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiah kepada perwakilan Posyandu di Kabupaten Banjar.
(MC-Kominfo-Kab.Banjar/Rzq/Prs/Dsy).
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: